4 Lokasi Ngecamp Favorit di Pantai Gunung Kidul Jogja

foto dari @merapimountain

Camping (berkemah) atau bahasa kerennya nge-camp tidak lagi di tempat biasa kita kenal. Seperti di gunung, lapangan ataupun di bumi perkemahan.

Akhir-akhir ini, sudah begitu banyak tempat yang digunakan untuk nge-camp, salah satu tempat favoritnya adalah pantai. Selain bisa menikmati alunan ombak, pada malam hari akan disuguhkan oleh indahnya langit dengan bintang-bintang yang bertaburan.

Kali ini, saya akan berbagi referensi pantai-pantai yang menjadi tempat terfavorit untuk nge-camp khususnya di kawasan pantai Gunung Kidul. Ada banyak pantai di Gunung Kidul. Namun hanya ada 4 pantai yang cocok untuk kita kunjungi dan kita jadikan tempat nge-camp.

1. Pantai Jungwok

foto dari @v_threeiyoetz

Dari namanya terkesan pantai ini terletak di daerah Korea. Ternyata tidak, Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul Yogyakarta.

Untuk lebih gampangnya pantai Jungwok terletak di sisi timur pantai Wediombo. Akses menuju pantai ini cukup mudah, dari kota Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Wonosari kemudian ikuti petunjuk arah m pantai Wediombo.

Sampai di parkiran Wediombo akan kita temukan petunjuk jalan menuju pantai Jungwok.

Dari Wediombo jalan menuju pantai jungwok cukup susah jika kondisi setelah turun hujan. Apalagi jika kita mengendarai motor tentunya akan mudah terpeleset dan terjebak pada kubangan tanah gembur.

Untuk itu jika tidak memungkinkan mengendarai motor untuk sampai ke pantai Jungwok.

Di pantai Wediombo terdapat penitipan motor. Sehingga kita harus rela jalan kaki menuju pantai Jungwok. Sekitar 30 menit sampai di pantai Jungwok.

2. Pantai Greweng

foto dari @merapimountain

Pantai Greweng letaknya di sisi timur pantai Jungwok. Akses menuju kesana harus dengan jalan kaki melewati sawah dan bukit batuan karang.

Perjalanan menuju ke pantai Greweng kira-kira 20 menit dari pantai Jungwok. Untuk menuju ke pantai Greweng, dari Jungwok kita berjalan ke arah pulang menuju Wediombo.

Sampai menemukan petunjuk arah menuju pantai greweng.
Ikuti petunjuk arah, sampai menemukan persimpangan jalan yang menunjukkan arah antara pantai Greweng dan pantai Sedahan.

Di pantai greweng akan disuguhkan dengan indahnya hamparan pasir putih yang luas yang terbelah oleh aliran sungai air tawar.

3. Pantai Sedahan

foto dari @acepwinandar12

Untuk pantai Sedahan letaknya di sisi timur pantai Greweng. Ada dua jalur menuju kesana. Jalur yang pertama menaiki bukit karang dan yang kedua berjalan ke persimpangan petunjuk arah antara pantai greweng dan pantai Sedahan.

Untuk lebih cepatnya, silahkan melewati jalur naik bukit karang. Selain lebih cepat tentunya petualangan menaiki bukit begitu mengasikkan.

4. Pantai Dadapan

foto dari @sadullah_hasan

Pantai dadapan bisa di bilang pantai yang masih perawan karena masih belum banyak yang berkunjung ke pantai sini.

Maka dari itu, untuk kalian yang ingin nge-camp dengan penuh ketenangan dan kedamaian. Cocok sekali untuk mengunjungi pantai Dadapan.

Sama dengan 3 pantai sebelumnya, jalur menuju kesana harus dengan jalan kaki dan selalu teliti dalam membaca petunjuk arah. Lokasi pantai Greweng di sisi timur pantai Sedahan.
Itulah beberapa pantai yang sangat cocok untuk kalian jadikan tempat nge-camp. Saran saya, persiapkan fisik yang kuat untuk berjalan menyusuri pantai.

Baca Juga:

Jangan malu bertanya kepada para penduduk disana agar tidak tersesat. Teliti dalam membaca petunjuk arah. Usahakan sampai di sana sebelum matahari terbenam. Dan jika kondisi setelah hujan turun, hati-hati dengan jalanan yang becek dan licin.

Tunggu, sedang memuat. . .