5 Destinasi Wisata Alam Paling Baru di Yogyakarta

foto dari @berandajogja

Libur telah tiba! Saatnya menikmati waktu liburan. Nah, sudahkah kamu menemukan destinasi wisata yang cocok dengan kamu dan kantong? Masih belum?

Sayang sekali, padahal Indonesia memiliki berjuta tempat wisata yang bisa dituju lho. Salah satunya yaitu Yogyakarta. Kota yang terkenal dengan kuliner khas gudegnya ini memang sudah tidak asing lagi.

Apalagi berbicara tentang beberapa lokasi wisata yang sangat terkenal di kota istimewa ini seperti Malioboro, Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta.

Bahkan, Candi Borobudur yang sebenarnya berada di Magelang, Jawa Tengah pun terkenal menjadi destinasi wisata ketika berlibur ke Yogyakarta.

Sebenarnya, masih banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu jelajah di kota pelajar ini. Nah berikut 5 destinasi wisata alam yang juga harus ada di daftar wisata yang harus kamu kunjungi ketika di Yogyakarta.

1. Kalibiru

foto dari @jelajahijogja

Pernahkah kamu melihat seseorang berfoto di sebuah stage yang berlatar hamparan hijau dan danau yang berwarna biru?

Yap, itulah Wisata Alam Kalibiru. Obyek wisata yang berada di Kulon Progo ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam lho dari Kota Yogyakarta.

Rasa lelah kamu akan segera sirna ketika masuk di area wisata kalibiru. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sungguh indah dengan perbukitan hijau dan Waduk Sermo.

Lokasi ini sangat tepat untuk dijadikan berbagai spot foto dan outbound. Namun, pastikan bahwa kendaraan kamu fit untuk naik perbukitan tinggi karena lokasi kalibiru berada di ketinggian 450 mdpl.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kebumen Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

2. Kebun Buah Mangunan

foto dari @berandajogja

Jika perjalanan ke Kalibiru dirasa sangat berat, maka Kebun Buah Mangunan menjadi pilihan yang paling tepat. Pernahkah kamu mendengar tentang negeri di atas awan?

Nah, pada saat yang tepat, kamu bisa menikmati hamparan awan yang menutupi bukit di sekitar spot Kebun Buah Mangunan.

Menariknya lagi, hamparan luas perbukitan hijau tersebut dibelah oleh sungai yang meliuk-liuk. Tidak ketinggalan pula, pemandangan sunset di area ini sangat indah. Lokasinya juga berdekatan dengan wisata hutan pinus di Imogiri, bantul, Yogyakarta.

3. Tebing Breksi

foto dari @dhani_saputraa

Siapa bilang batu breksi hanya digunakan sebagai bahan bangunan? Di Yogyakarta, kamu bisa menemui pemandangan alam yang sangat berbeda.

Yap, pemandangan indah Tebing Breksi merupakan destinasi wisata baru di Yogyakarta. Lokasi tepatnya yaitu di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan Candi Ijo.

Di sini, kamu akan disuguhi hamparan tebing-tebing bekas tambang batu breksi yang sudah disulap menjadi sebuah aset wisata yang berharga.

Pahatan pada Tebing Breksi tersebut semakin membuat tempat ini sangat unik. Kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dari atas bukit tebing breksi.

4. Green Village

foto dari @bookpacker

Nah satu lagi nih wisata alam dengan hamparan hijau yang mengelilinginya. Green Village merupakan sebuah lokasi wisata yang menawarkan indahnya pemandangan dari atas bukit.

Kalau sekilas membaca namanya, tentunya kamu akan berpikir jika lokasi tersebut berada di luar negeri. Namun, siapa sangka, Green Village terletak di Yogyakarta, tepatnya di Daerah Gedangsari, Gunung Kidul.

Dari atas bukit Green Village Gedangsari, kamu bisa menikmati hamparan gunung seribu yang menjadi salah satu ciri khas Gunung Kidul.

Kamu bisa menikmatinya sembari bersantai di beberapa gardu pandang, spot istirahat, gazebo, dan spot foto terbaik.

Baca Juga: Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Malang Terabaru 2017 Yang Murah

5. Telaga Biru

foto dari @lollyberry_outfit

Jika tadi kita sudah membahas tentang Kalibiru, maka sekarang nih saatnya mengetahui indahnya Telaga Biru. Masih asing dengan wisata yang satu ini?

Telaga biru terkenal dengan sebutan Blue Lake atau Banyu Biru Candirejo. Keren bukan?

Lokasinya juga tidak jauh lho dari Kota Yogyakarta yaitu di Semin, Gunung Kidul. Lokasi tersebut awalnya adalah lokasi tambang batu putih yang membentuk sebuah cekungan hasil galian tambang.

Saat ini, cekungan tersebut menampung air hujan yang membuatnya seolah-olah seperti danau kecil di tengah hamparan batu putih.

Adanya pepohonan di sekeliling area tersebut menambah eksotisnya telaga biru tersebut. Kamu bisa menikmati keindahannya dari puncak bukit.

Tunggu, sedang memuat. . .