Desa Wisata Wanurejo, Cita Rasa Lain Dari Candi Borobudur

foto dari @kamaliarizqi

Dea Wisata Wonurejo – Siapa yang tak mengenal candi Borobudur. Candi megah berbentuk teratai yang terletak di Magelang ini sudah masyhur ke seantero jagad.

Tapi tidak banyak yang tahu, ada atraksi wisata lain di balik kemegahan arsitektur Borobudur. Atraksi wisata untuk menikmati cita rasa desa Wanurejo.

Desa Wanurejo adalah salah satu desa di kecamatan Borobudur dan berada tepat di sebelah timur kawasan taman candi.

Wanurejo menyimpan berjuta pesona alam, keunikan, kekayaan tradisi dan seni. Kesahajaan khas pedesaan dengan balutan budaya jawa yang sangat kental menjadi bagian dari ciri khas desa.

Memasuki kawasan desa, Anda akan merasakan nuansa alam kuno peradaban Jawa Dwipa. Seketika, pandangan Anda akan dimanjakan dengan gugusan bukit Menoreh yang megah dan hijau.

Hamparan sawah terbentang hampir di sepanjang jalan. Para petani dan warga asli yang Anda papas, tak akan segan melayangkan senyum penuh keakraban.

Tapi jangan salah, walaupun bertipikal desa tradisional, Wanurejo juga menjadi tempat bertemunya seniman-seniman kaliber internasional.

Selain memiliki bentangan alam yang indah, Wanurejo juga menjadi sentra makanan tradisional, kerajinan, dan kesenian di Borobudur. Hal itulah yang menjadikan desa Wanurejo memiliki paket wisata yang lengkap untuk dijelajah.

1. Keindahan Alam Wanurejo

foto dari @dadan.sumantri

Konon, bentuk Borobudur yang menyerupai teratai mengisyaratkan candi Borobudur dibangun di kawasan yang kaya akan sumber air. Dan memang, daerah sekitar candi adalah daerah yang sangat subur dan basah.

Atraksi air paling menakjubkan berada di dusun Bejen berupa pertemuan dua sungai terbesar yaitu sungai Elo dan Progo. Arusnya yang deras juga telah dimanfaatkan sebagai atraksi Arung Jeram.

Anda juga dapat mengunjungi mata air suci Umbul Tirta. Mata air ini berasal dari arah candi Borobudur. Lokasi berada di dusun Tingal, berjarak kurang lebih 1,5 km dari candi.

Untuk menjelajahi keindahan alam Wanurejo lebih dalam, alternatif transportasi yang paling asyik adalah dengan ngonthel atau bersepeda.

Ada persewaan sepeda di jalan Balaputradewa dusun Tingal. Tarifnya hanya Rp. 20.000,- untuk satu sepeda seharian penuh.

Dengan ngonthel, Anda dapat menyusuri jalan-jalan pedesaan, dan melewati pematang-pematang sawah dengan latar belakang pemandangan kemegahan bukit Menoreh.

Baca Juga: 18 Tempat Wisata di Magelang di Magelang Terbaru yang Menarik

2. Seni dan Tradisi Wanurejo

foto dari @athayavintage

Wanurejo memiliki sembilan dusun. Setiap dusun memiliki paguyuban budaya yang dapat Anda kunjungi. Karena kekayaan seni dan tradisinya, Wanurejo mengadakan Gelar Budaya yang diadakan setiap tanggal 17 Mei.

Diantara hasil kesenian yang khas yaitu Topeng Ireng, Kuda Lumping, kerajinan ukiran bambu. Ada juga Pitutur yaitu seni bercerita masyarakat, tari Jatilan, dan sentra kerajinan tangan Viber.

Selain kesenian tradisional, desa wisata Wanurejo juga menjadi rumah bagi para seniman kontemporer berskala internasional. Kunjungi saja Limanjawi Art House. Anda akan bertemu dengan para pelukis dan pematung handal.

3. Candi Tiga Serangkai

foto dari @kamaliarizqi

Ada fakta menarik lain dari candi Borobudur. Candi Borobudur adalah satu dari tiga candi Budha yang dibangun pada satu garis lurus. Kedua candi yang lain adalah candi Pawon dan candi Mendhut.

Keduanya terletak di desa Wanurejo. Hanya berjarak kurang lebih satu hingga dua kilometer dari candi Borobudur ke arah Timur Laut.

Bagi yang ingin meluangkan waktu agak lama, tak perlu khawatir. Fasilitas homestay, hotel, bahkan area camping di dusun Gedongan, sudah tersedia di sana.

Saatnya Anda mengemas perlengkapan traveling Anda, dan bergegas menikmati eksotisme cita rasa Wanurejo.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah Lainya:

Tunggu, sedang memuat. . .