Oleh Oleh Khas Bali Terbaru Paling Lezat & Murah

foto dari @mschikafransisca

oleh oleh khas bali – Wajar kalau Bali banyak diminati. Pulau ini memiliki semua yang turis butuhkan dari sebuah destinasi wisata. Dari wisata budaya, alam, kuliner, reliji, olah raga air, sampai wisata gemerlap dunia malam ada di Bali.

Dan selesai Anda menikmati seluruh paket wisata itu, Anda juga bisa membawanya pulang dalam kemasan: oleh-oleh khas Bali!

Bali banyak menawarkan oleh-oleh menarik yang merepresentasikan kekayaan inovasi masyarakatnya. Oleh-oleh yang ‘Bali Banget’!

Pastikan Anda menggenggam oleh-oleh khas Bali yang berkesan dan banyak digemari sebelum kembali ke kota asal. Ini dia beberapa oleh-oleh khas Bali yang wajib kita tahu.

Oleh-Oleh Makanan Khas Bali

Bali menawarkan beragam oleh-oleh kuliner yang lezat dan memiliki cita rasa yang khas. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan merasakan enaknya sajian-sajian kuliner ini. Diantaranya yaitu:

1. Pie Susu

foto dari @mschikafransisca

Pie termasuk jenis makanan yang sudah mendunia. Di setiap negara ada. Dan Pie Susu Bali, punya cita rasanya sendiri yang tidak kalah dengan negara-negara lain.

Cita rasa inilah yang menjadikannya diburu sebagai oleh-oleh nikmat dari Bali oleh turis domestik maupun manca.

Bentuknya bulat pipih. Ukuranya sangat pas untuk dijadikan cemilan. Kulit Pie keras dan kering namun saat digigit terasa lembut dan renyah.

Di tengahnya terdapat fla susu yang legit. Sampai di lidah, lezatnya fla dan lembutnya kulit Pie akan melebur menciptakan rasa Pie yang istimewa.

Saat ini terdapat banyak varian rasa dari Pie Susu Bali. Diantaranya original, choco chips, keju, almon dan kismis. Produsen dan mereknyapun beragam. Diantara yang terkenal yaitu “Pie Susu Asli Enaaak” dan “Dhian”.

Tips agar lebih pasti mendapatkan oleh-oleh ini, calon pembeli bisa order 2-3 hari sebelumnya. Harga berkisar ± Rp. 25.000,- per kotak dengan isi 10 Pie.

2. Kacang Disco

foto dari @jiufung5

Dari namanya saja sudah tergambar kacang ini akan mampu menghebohkan lidah. Kacang Disco adalah kacang tanah yang dibalut dengan tepung yang telah dibumbui.

Rasa dari berbagai macam bumbu inilah yang bisa menjadikan Anda serasa berdisco. Ada rasa pedas, manis, barbeque, bahkan keju.

Ada juga produsen yang membagi Kacang Disco dengan beberapa level kepedasan. Kuliner heboh khas Bali ini bisa didapatkan hampir di seluruh toko oleh-oleh Bali.

Harganya sekitar Rp. 20.000,-an per bungkus. Cocok sekali menjadi teman dikala bercengkerama dengan teman atau keluarga. Atau bisa juga pasangan berdisko solo saat sedang beraktivitas sendirian.

3. Kopi Kintamani

foto dari @mataangin_

Anda pecinta kopi? Buru dan nikmati segera sedapnya kopi Kintamani! Rasa, aroma, dan karakter kopi Kintamani tak akan bisa ditemui di kopi jenis lain.

Kopi ini berasal dari daerah Kintamani, lereng gunung Batur, Bali. Karakteristik tanah, cara petik, dan pengolahan kopi Kintamani ini yang menjadikan rasanya tak bisa disamai.

Karena itulah, kopi Kintamani menjadi oleh-oleh pilihan yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Baca Juga: 23 Tempat Wisata di Solo Terbaru Paling Menarik dan Indah

Harga kopi kisaran Rp. 60.000,- per 220 gram. Berbagai merek kopi khas Bali ini sudah banyak dijajakan di sentra-sentra oleh-oleh khas Bali. Sepertinya kopi inipun bisa menjadi kolaborasi yang pas sembari ngemil Pie Susu dan Kacang Disco ya?

Oleh-Oleh Kerajinan Khas Bali

Seni dan masyarakat Bali adalah hal yang tak terpisahkan. Daya seni masyarakat Bali inipun dapat dinikmati dan terlihat pada oleh-oleh khas kerajinannya.

Kerajinan khas Bali dapat menjadi oleh-oleh yang awet, unik, dan fungsional. Diantara hasil kerajinan Bali yang dapat dijadikan oleh-oleh yaitu:

1. Batik Bali

foto dari @l.ape.a.pois

Bagi wisatawan mancanegara, kata ‘Batik’ saja sudah terdengar unik dan etnik. Tapi bagi turis lokal mungkin perlu penjabaran lagi tentang keunikan Batik Bali dibandingkan batik-batik dari daerah Indonesia lain.

Kerajinan Batik di Bali memang jauh lebih muda dibandingkan Batik Jawa. Batik di Bali mulai berkembang pada tahun 70 an. Hal inilah yang menjadikan batik Bali berbeda dengan batik-batik lainnya.

Pola dan motif batik Bali lebih modern dan dinamis. Ciri khas paling menonjol ada pada gambar lambang-lambang flora dan fauna Bali. Gambar-gambar ini kemudian dipadukan dengan pilihan warna dan corak yang modern.

Batik Bali sudah banyak dikreasikan menjadi kerajinan yang beragam. Beberapa produknya yaitu tas, sandal, baju, tempat pensil, bantal, daln lain lain.

Hargannya beragam dari ribuan, ratusan ribu, hingga jutaan. Sesuaikan saja dengan kantung Anda. Anda bisa mengunjungi Desa Tohpati atau Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati.

Disana, pengunjung tak hanya bisa membeli oleh-oleh Batik, tapi juga melihat dan mencoba membatik. Patut dicoba!

2. Lukisan Bali

foto dari @chelsiva20

Selain bisa menjadi oleh-oleh yang indah dari Bali, lukisan Bali juga memiliki cerita yang menarik. Dahulu para pelukis Bali tidak menjual hasil lukisannya untuk komersil.

Mereka hanya melukis untuk tujuan agama dan kebutuhan kerajaan. Para pelukis dikumpulkan di suatu desa, seperti di desa Kemasan, kabupaten Klungkung.

Sentra seni lukis juga ada di Ubud, Batuan, Sanur, dan Keliki. Selama berabad-abad daerah-daerah tersebut menjadi sentra para seniman.

Lukisan yang dijualpun beragam dari harga ratusan ribu hingga jutaan. Lukisan Bali bisa menjadi oleh-oleh yang memiliki unsur dekoratif dan dapat dinikmati selamanya.

3. Kerajian Perak dan Emas Bali

foto dari @rk.silver

Bali juga memberikan alternatif oleh-oleh aksesoris cantik berbahan dasar emas dan perak. Berbagai aksesoris ini bisa Anda temui di sentra oleh-oleh.

Tapi akan lebih berkesan kalau Anda langsung berkunjung ke desa Celuk, kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar. Desa ini adalah sentra pembuatan kerajinan emas dan perak.

Baca Juga: 13 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru Paling Menarik

Di desa ini terpajang berbagai aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, bros, liontin, dan bermacam modifikasi pajangan. Bahkan Anda akan menemukan peralatan makan berbahan dasar perak.

Anda juga bisa langsung bertemu dengan para pengrajinnya. Pengunjung bisa melihat kerumitan proses pembuatan hasil kerajinan perak dan emas sebelum disulap menjadi oleh-oleh khas yang cantik.

4. Manik-Manik Bali

foto dari @teenlightshop

Alternatif oleh-oleh yang jauh lebih murah tapi unik adalah kerajinan manik-manik Bali. Manik-manik ini di tangan para pengrajin dikreasikan menjadi berbagai macam souvenir.

Ada gelang, kalung, cincin, pita rambut, bando, tempat pesil, gantungan kunci, tas, dan lain lain. Harganya sangat terjangkau. Harga kisaran ribuanpun tersedia.

baca Juga: 28 Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Indah dan Menarik

Souvenir manik-manik adalah pilihan oleh-oleh yang mudah dan murah. Pernak-pernik ini bisa didapatkan di setiap pojokan Bali. Setiap pasar, toko oleh-oleh, dan penjaja souvenir banyak yang menjualnya.

5. Joger

foto dari @dianirawati_69

Joger terkenal dengan produk-produknnya seperti kaos, tas, mug, dan sepatu yang dihias dengan kata-kata lucu. Joger hanya menjual produknya di outlet-outlet resminya.

Tunggu, sedang memuat. . .

Anda bisa langsung datang ke jalan raya Kuta, Tabanan, dan Denpasar. Produk-produk Joger sangat cocok menjadi oleh-oleh kekinian yang tetap bercirikhas Bali.

Wisata Kuliner Lainya:

Joger juga pilihan paling tepat bagi para pengunjung yang galau takut salah pilih gaya. Joger didesain sebagai pilihan oleh-oleh seluruh usia dan selera.