Oleh Oleh Khas Jakarta Terbaru Murah Meriah

foto dari @eckino

Ada bermacam-macam jenis oleh oleh khas Jakarta yang begitu menggoda dan pastinya akan menggoyang lidah kita semua. Sebagai ibukota negara, kota Jakarta menjadi sorotan dalam berbagai bidang.

Sebagai ibukota negara pun Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian yang memegang peranan yang sentral bagi bangsa Indonesia.

Maka dari itu, tak heran jika kota Jakarta menjadi kota tujuan yang ingin dikunjungi oleh masyarakat baik lokal maupun internasional.

Tidak akan lengkap rasanya jika para wisatawan tidak mencoba maupun membawa pulang oleh-oleh khas dari Jakarta. Jakarta terus berbenah demi mewujudkan Jakarta sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahun.

Perekonomian Jakarta yang berangsur-angsur menunjukkan kemapanan tentu berpengaruh pada hampir semua sektor. Diantaranya sektor bisnis, perbankan, Industri, bahkan sektor pariwisata yang merajai seantero nusantara.

Dilihat dari segi kepariwisataannya, kota Jakarta kaya akan wisata-wisata baik berupa wisata sejarah, alam, maupun wisata kuliner. Dalam bidang kuliner, ada berbagai olahan kudapan yang tidak bisa ditemukan di sembarang tempat.

Jadi untuk merasakan sensasi yang nyata para wisatawan harus merasakan sendiri atmosfer ibu kota. Mencicipi serta membawa pulang oleh-oleh khas Jakarta ini.

Oleh Oleh Khas Jakarta

Diperoleh dari berbagai sumber, berikut ini adalah oleh-oleh khas Jakarta yang paling terkenal di kalangan traveler yang patut diketahui. Terutama bagi pemula agar tidak kecewa karena belum mencoba kuliner khas Jakarta ini.

1. Kerak Telor

foto dari @cyber3kosong3

Jakarta identik dengan Kerak Telor. Makanan khas Jakarta ini telah dikenal luas di masyarakat sebagai salah satu kuliner khas Betawi yang patut dicoba.

Kuliner khas Betawi ini sudah menjadi icon-nya kota Jakarta. Tidak ada pedagang di daerah lain yang menjual Kerak Telor seperti buatan tangan-tangan pedagang Betawi.

Jika anda ingin mencoba kenikmatan rasanya, maka anda harus datang ke Jakarta terlebih dahulu. Kerak Telor adalah salah satu jenis kudapan tradisional Betawi yang digemari oleh banyak masyarakat, khususnya bagi masyarakat Jakarta.

Selain rasa kerak telor yang unik, proses pembuatannya pun tak kalah unik dan kerap menyedot perhatian tersendiri bagi para pengunjung.

Namun sayangnya, lambat laun Kerak Telor menjadi makanan yang langka karena jarangnya para penjual yang bisa ditemui pada hari-hari biasa. Kudapan ini bisa anda temui dengan mudah saat bersamaan dengan even Pekan Raya Jakarta (PRJ).

2. Kue Geplak

foto dari @jakartaku

Selain kerak telor, ada pula oleh-oleh khas Jakarta yang tidak kalah menarik.

Berbeda dengan kerak telor yang berasa gurih dan asin di lidah. Kudapan yang satu ini akan terasa manis bahkan saat pertama kali melihatnya.

Ialah Kue Geplak yang hampir semua bagian kuenya berasa manis. Makanan khas yang satu ini bisa ditemui di daerah Bintaro. Dimana masih ada beberapa yang bersifat home industry walaupun tidak banyak ditemukan.

Kue Geplak ini termasuk salah satu makanan yang terbuat dari beras dengan perpaduan putih dan cokelat sebagai warna khas. Proses pembuatan kue ini pun tidak terlalu rumit.

Baca Juga: Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Paling Enak dan Menggoda

Makanan yang juga merupakan oleh–oleh khas Jakarta ini disebut sebagai Kue Geplak. Ini karena proses dalam meratakan adonannya menggunakan tangan dengan cara digeplak atau ditepuk-tepuk.

3. Roti Buaya

foto dari @eckino

Oleh-oleh khas Jakarta lain yang tidak kalah menarik adalah roti buaya. Disebut roti buaya karena ukurannya yang super jumbo dan bentuk yang sama persis dengan wujud hewan melata buaya pada umumnya.

Kue ini termasuk unik dan agak sulit ditemui, kecuali pada upacara pernikahan yang merupakan budaya khas masyarakat betawi.

Roti buaya biasanya muncul sebagai jajajan khas Jakarta pada acara pernikahan masyarakat Betawi. Roti buaya ini diperuntukkan pada acara perkawinan khas Betawi. Dimana mempelai laki-laki membawa Roti Buaya sebagai salah satu bagian dari seserahan.

Namun, dengan perkembangan zaman saat ini roti buaya ini bisa dibeli di toko-toko roti tanpa harus menunggu even pernikahan.
Berdasrkan adat masyarakat Betawi, Roti buaya merupakan perlambangan sebuah kesetiaan.

Masyarakat Betawi percaya bahwa makhluk melata berupa buaya ini hanya kawin sekali saja seumur hidupnya.

Hal ini menjadi sebuah simbol bahwa pengantin lelaki haruslah memiliki karakter dan sifat yang setia. Sama halnya dengan simbol yang dipercaya masyarakat selama ini.

Berbeda dari Kue Geplak yang terbilang sulit ditemukan. Roti Buaya cukup mudah ditemukan di beberapa pusat makanan dan oleh-oleh khas Jakarta.

4. Kue Kembang Goyang

foto dari @dapurmamagendhis

Oleh-oleh khas Jakarta lagi adalah Kue Kembang Goyang. Ternyata ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang juga mudah ditemukan di seluruh nusantara.

Ada berbagai macam sebutan untuk kue ini dari berbagai daerah. Yakni di provinsi Sumatera, kue ini dikenal dengan sebutan Kembang Loyang.

Di Sementara di Jawa Timur terkenal dengan sebutan Matari. Dan di Bali, Kembang Goyang menjadi bagian dari sebuah sesaji dalam ritus keagamaan.

Kue Kembang Goyang khas Betawi ini memiliki bentuk yang khas, yakni menyerupai bunga matahari. Maka dari tidak salah apabila ada daerah yang menyebutnya kue Matari dalam bahasa Jawa yan artinya Mentari.

Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang lumayan mudah dicari. Bisa untuk diterapkan oleh ibu-ibu di rumah maupun yang berminat untuk membuatnya.

Baca Juga: Oleh – Oleh Khas Solo Paling Enak dan Murah di Tahun 2017

Adonan yang utama berasal dari tepung beras ditambah dengan gula pasir, telur, dan vanilli dengan aroma khas. Bisa dipilih sesuai selera, baik dari jahe, daun pandan maupun aroma lain yang diinginkan si pembuat.

5. Dodol Betawi

foto dari @liputan6

Oleh-oleh khas Jakarta lagi yang tidak kalah dikenal oleh masyarakat luas adalah Dodol Betawi. Oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Jakarta.

Dodol Betawi sebenarnya termasuk jenis dodol pada umumnya. Hanya saja Dodol Betawi terbuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, dan durian.

Dodol Betawi ini juga dikenal mempunyai rasa yang khas. Ini karena dalam proses pembuatannya diaduk dengan tanpa mesin oleh para pembuat dodol.

Bahan-bahan dan proses pembuatan dodol Betawi ini tidaklah mudah. Jadi cukup wajar apabila Dodol Betawi ini cukup sulit ditemukan di toko-toko kue pada umumnya.

Biasanya, makanan ini digunakan dalam acara pernikahan, pesta syukuran, saat bulan Ramadhan, menjelang Hari Idul Fitri, maupun perayaan Idul Adha. Menjelang hari raya Idul Fitri, Dodol Betawi termasuk jajanan yang paling diminati masyarakat Betawi pada umumnya.

Makanan-makanan khas nusantara tersebut tidak akan menjadi makanan yang terus lestari. Yaitu apabila kita sebagai masyarakat Indonesia sudah enggan untuk membeli makanan tersebut.

Kebanyakan dari kita sekarang justru suka dengan makanan-makanan yang bernuansa kebarat-baratan seperti pizza, hamburger, spagetti dan makanan barat lainnya. Oleh-oleh khas Jakarta yang masih eksis hingga saat ini perlu kita pelihara bersama agar tetap lestari.

Baca Juga: Oleh Oleh Khas Bali Terbaru Paling Lezat & Murah

Oleh karena Betawi merupakan budaya dan khas masyarakat ibu kota yang masih mempertahankan budaya lokal. Maka perlu kita dukung kelestariannya dengan membeli oleh-oleh khas Jakarta ini ketika kita jalan-jalan ke Ibu Kota kita tercinta ini.

Tunggu, sedang memuat. . .