Liburan ke Pantai Samas di Jogja dan Banyak Hal Yang dapat Dilakukan

foto dari @timbul_tello

Pantai Samas, pantai eksotis dengan deburan ombak yang menggulung ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyayakarta.

foto dari @ekarizkynugroho

Untuk menuju tempat ini memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam jika ditempuh dari Kota Yogyakarta. Pantai Samas terkenal sebagai salah satu tempat persinggahan penyu-penyu langka untuk bertelur, seperti penyu hijau, penyu sisik, dan lain-lain.

Dahulu, para nelayan sering menyusuri pantai ini untuk berburu telur penyu-penyu langka. Namun, sekarang para nelayan tersebut telah bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta dan lembaga swadaya lingkungan lainnya.

Melihat Penyu di Pantai Samas

image via beritadaerah.co.id

Mereka bekerjasama untuk ikut serta dalam melestarikan penyu-penyu langka tersebut dengan membentuk Forum Konservasi Penyu Bantul.

Usaha tersebut mereka lakukan agar bisa terus menjaga kelangsungan keturunan penyu-penyu langka tersebut. Akan sangat disayangkan bukan, jika penyu langka yang hidup di Indonesia ini harus punah diburu.

Senja di pantai Samas

foto dari @timbul_tello

Berawal dari kesadaran masyarakat sekitar akan kelangsungan hidup penyu langka, mereka pun kemudian menjadikan pantai ini sebagai pantai eduwisata. Pantai samas kini telah diramu oleh masyarakat dan lembaga sekitar untuk memberikan edukasi kepada pengunjung tentang penyu-penyu langka tersebut.

Usaha tersebut berhasil menarik lebih perhatian para penikmat keindahan pantai, bahkan para peneliti sekalipun. Para peneliti, baik domestik maupun internasional, datang mengunjungi pantai ini untuk meneliti para penyu langka yang dikonservasi.

Acara Adat Yang Berlangsung di Pantai Samas

foto dari @dolan-dolan.net

Selain sebagai tempat konservasi penyu langka, pantai ini juga memiliki daya tarik lainnya. Pantai Samas masih sarat dengan budaya masyarakat sekitar, sehingga pantai ini kerap digunakan untuk ritual keagamaan.

Kegiatan ritual keagaamaan masyarakat yang dilakukan, yaitu Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut.

image via nasional.news.viva.co.id/

Mahesa Suro, Mahesa artinya kerbau dan Suro yaitu bulan satu pada tanggalan jawa. Malam satu suro merupakan tanggal yang sakral bagi sebagian besar orang jawa, begitupun juga bagi warga di Pantai Samas.

Pada malam satu suro, warga pantai samas melaksanakan Upacara Kirab Tumuruning Mahesa Suro. Upacara ini dilakukan warga setempat sebagai bentuk syukur dan mengenang kembali legenda Mahesa Suro.

Acara Adat Jogja

image via beritaotonomi.com

Legenda ini berawal dari adanya kemiskinan yang melanda warga daerah Sanden, Srigading, Bantul. Mereka kemudian memohon kepada Sang Maha Agung dengan bersemedi di Pantai Samas.

Tiba-tiba muncullah seekor kerbau hitam kelam yang kemudian ditangkap oleh perangkat desa dan dipelihara. Kerbau tersebut kemudian menjadi perantara pertolongan Sang Maha Agung kepada para warga agar terbebas dari kemiskinan.

Berdasarkan cerita, semua ladang sawah yang dirusak oleh kerbau tersebut. Anehnya justru malah menjadi subur, dan ahirnya hasil panen menjadi melimpah. Dengan hasil panen yang melimpah, warga Srigading pun mulai terbebas dari paceklik.

Kerbau hitam kemudian dipelihara bersama dengan kerbau lokal lainnya, dan beranak pinak. Namun setelah beranak pinak, kerbau hitam pertama justru menghilang secara misterius entah kemana.

Cerita legenda kerbau hitam tersebut kemudian menjadi legenda yang melekat bagi warga Desa Srigading. Ritual Mahesa Suro dan Labuhan Sedekah Bumi sebagai bukti syukur masyarakat desa atas nikmat dan karunia Tuhan.

Mereka melakukan upacara ritual keagamaan untuk mengenang jasa Mahesa tersebut dan kemudian bersyukur kepada Sang Pencipta dengan melakukan sedekah bumi.

Upacara yang dilakukan pada tanggal satu suro ini diawali dengan doa bersama agar upacara berjalan lancar. Berbagai sesaji kemudian dilarung menuju bibir pantai. Ritual ini dihadiri tidak hanya dari pengunjung setempat, namun juga dari luar kota.

Baca Juga: Bermanja Dengan Kesunyian di Pantai Pasut, Tabanan Bali

Tunggu, sedang memuat. . .