10 Tempat Wisata Ciamis yang Indah

tempat wisata di ciamis
foto dari @exploreciamis

Ciamis adalah kabupaten yang berada di wilayah tenggara dari Provinsi Jawa Barat. Banyak sekali tempat wisata di Ciamis ini. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 2.556,75 kilometer persegi.

Kabupaten baru ini berbatasan dengan kabupaten Cilacap dan kota Banjar di sebelah timur. Dan berbatasan dengan kota dan kabupaten Tasikmalaya di sebelah barat. Berbatasan dengan kabupaten Majalengka dan Kuningan di sebelah utara, dan dengan kabupaten Pangandaran dan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Meskipun tidak begitu terkenal sebagai kota pariwisata di Indonesia, namun banyak yang belum di ketahui masyarakat. Kabupaten di Jawa Barat ini ternyata menyimpan beberapa tempat wisata ciamis terbaru yang layak untuk anda kunjungi.

Tempat Wisata di Ciamis

Berikut ini adalah 10 tempat wisata indah yang berada di kabupaten Ciamis;

1. Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata alam Ciamis

Situ Lengkong Panjalu, Ciamis. Lokasi tempat wisata alam ini berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat wisata alam Ciamis ini mempunyai koordinat GPS pada titik -7.1274947,108.2703113.

Situ Lengkong, Ciamis ini menyajikan indahnya pemandangan alam situ / danau. Ada sebuah makam yang terletak di sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah Situ Lengkong tersebut.

Konon, makam itu adalah makam leluhur cikal bakal wilayah tersebut. Bila anda beruntung, pada waktu tertentu, anda dapat menyaksikan upacara Nyangku, yaitu upacara pembersihan atau memandikan pusaka-pusaka keramat warisan leluhur.

Tempat liburan di Ciamis ini dapat anda kunjungi baik dengan kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Anda cukup mengikuti saja titik koordinat yang telah tersedia sehingga anda tidak akan repot-repot bertanya di jalan.

2. Ciung Wanara

 tempat wisata sejarah budaya di Ciamis

Ciung Wanara, Ciamis. Letak geografis tempat wisata sejarah budaya di Ciamis ini berada di Raya Banjar Ciamis, Cijeungjing, Karangkamulyan, Ciamis, Kabupaten Ciamis. Koordinat situs Ciung Wanara, Ciamis ini pada GPS berada pada titik -7.3478132,108.4869583.

Secara penelitian ilmiah, Ciung Wanara adalah sebuah situs purba yang mempunyai ciri khas Hindu dan Budha. Konon tempat wisata sejarah ini adalah peninggalan kerajaan Galuh, yang konon juga menjadi nenek moyang penduduk di wilayah Ciamis ini.

Selain Ciung Wanara, obyek wisata ciamis jawa barat ini juga menyimpan peninggalan-peninggalan purbakala yang lain. Tempat wisata Ciung Wanara di Ciamis ini mempunyai area seluas 25 hektar.

Situs tempat wisata sejarah di Ciamis ini layak untuk anda kunjungi. Jika anda pecinta dunia arkeolog dan wisata budaya leluhur, selain situs Sangiran di Jawa Tengah.

Daya tarik lain tempat tempat wisata sejarah Kabupaten Ciamis ini adalah pemandangan alamnya yang sejuk. Suasana areal museum yang bahkan cenderung rimbun, sehingga tidak membiarkan para pengunjungnya kepanasan.

Selain itu juga terdapat kera-kera yang berkeliaran di sekitar area museum. Tidak dipungut biaya resmi untuk masuk ke dalam lokasi museum ini.

Anda hanya diharapkan memberi seikhlasnya sebagai tanda ikut menjaga kelestarian tempat wisata budaya ini. Ciung Wanara di Ciamis ini juga banyak dikenal sebagai Situs Karangmulyan oleh penduduk setempat.

Oiya, mungkin anda berminat untuk berfoto. Di depan gong perdamaian yang terdapat di depan pintu masuk, sebelum anda meninggalkan museum budaya ini.

Baca Juga: 13 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru Paling Menarik

3. Curug Tujuh Cibolang

obyek wisata ciamis jawa barat

Curug Tujuh Cibolang, Ciamis. tempat wisata di ciamis yang murahini berada di kampung Nanggela, Sandingtaman, Panjalu, Ciamis.

Sedangkan letak koordinat tempat wisata alam Curug tujuh Cibolang berada pada titik -7.174641,108.2899108 pada GPS. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari lokasinya.

Sesuai namanya, Curug Cibolang di Majalengka ini mempunyai 7 tingkat yang saling berdekatan letaknya. Tempat wisata di ciamis ini mempunyai jarak sekitar 35 km dari jantung kota Ciamis dan 5 km dari kota Panjalu.

Uniknya, setiap curug di 7 Curug Cibolang ini mempunyai namanya masing-masing. Ada Curug Satu, Dua, Tiga, Cibolang, Cimantaja, Cileutik, dan terakhir bernama Curug Cibuluh.

Harga tiket masuk ke masing masing curug ini sebesar Rp 7500,00. Untuk ke sana, anda cukup mengikuti koordinat yang telah disediakan atau pergi dengan kendaraan umum meski tentu agak merepotkan nantinya.

4. Mega Wisata Icakan

tempat wisata keluarga di ciamis

Mega wisata Icakan, Ciamis. Lokasi tempat wisata keluarga di ciamis ini berada di Dusun Cikacang, Sukamulya, Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Posisi koordinat tempat menarik di Ciamis ini berada pada titik -7.2594887,108.3440103 pada gps. Tempat wisata air terbesar di Jawa Barat ini mempunyai luas area sekitar 70 hektar.

Tiket masuk ke tempat rekreasi di Ciamis ini pun murah. Anda hanya harus membayar Rp 10.000,00 untuk dapat masuk dan menikmati keindahan di Mega tempat wisata ciamis icakan ini.

Namun, jika anda hendak bermain wahana-wahana atau permainan yang ditawarkan, anda harus membeli karcis yang harganya berbeda-beda terlebih dahulu.

Anda dapat membawa keluarga atau kolega anda ke tempat bermain di ciamis ini. Selain wahana air, tempat ini juga mempunyai wahana bagus lain seperti ATV 4WD, flying fox, cinema 3D&4D dan lain-lainnya.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru Yang Menarik

5. Kampung Kuta

tempat menarik di Ciamis

Kampung Kuta, Ciamis. Jangan terkecoh dengan namanya, letak tempat wisata budaya ini pada peta berada di Desa Karangpaningal, Tambaksari, Ciamis. Sedangkan letak posisi koordinat Kampung Kuta pada GPS berada pada titik -7.2607357,108.5518972.

Meski namanya identik dengan pulau Bali, Kampung Kuta tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pulau Bali. Kecuali adat istiadat dan kebudayaan yang dianutnya.

Kampung Kuta yang berada di Jawa Barat. Atau lebih tepatnya di Kabupaten Ciamis ini wajib ada dalam daftar kunjung saat liburan di Ciamis.

Di tempat wisata keluarga ini anda akan dapat menyaksikan cara hidup yang masih sangat tradisional masyarakatnya. Mereka masih memegang teguh tata cara dan adat istiadat nenek moyang yang mereka.

Termasuk juga menjaga kondisi keadaan lingkungan sekitar mereka. Tak heran alam di tempat wisata Kampung Kuta ini sangat alami. Asri dan hijau jauh tanpa terjamah modernitas.

Meski mereka merasa tabu terhadap sesuatu yang baru dan modern, mereka adalah orang yang ramah dan terbuka kepada tamu. Karena itu, tamu yang berkunjung ke Kampung adat Kuta ini akan disambut dengan penuh keramah-tamahan dan keterbukaan.

Bahkan, anda dapat menginap dan membaur dengan masyarakat Kampung adat Kuta. Jika memang anda tertarik untuk lebih menyelami pola dan gaya kehidupan mereka yang sangat sederhana ini.

Tunggu, sedang memuat. . .

6. Jembatan Sasak Cirahong

tempat rekreasi di Ciamis

Jembatan Sasak Cirahong, Ciamis. tempat hunting di ciamis yang sejarah ini berada antara kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Tempat ini berlokasi di desa Manonjaya, Tasikmalaya.

Konon, tempat wisata keluarga ini dibangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1893. Jembatan susun ini bagian atasnya dipakai untuk kereta api dan pada bagian bawahnya dipergunakan untuk kendaraan umum.

7. Pantai Pangandaran

Tempat wisata pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran, Ciamis. Pemandangan indah pantai dengan hamparan pasir putih adalah daya tarik pantai Pangandaran yang tak mungkin untuk bisa anda lewatkan.

Jauh sebelum Pangandaran menjadi wilayah kabupaten sendiri, pantai Pangandaran ini masuk dalam wilayah kabupaten Ciamis.

Oleh dari itulah,meski sudah menjadi wilayah sendiri, sebagian besar orang masih berpendapat bahwa Pantai Pangandaran masih masuk wilayah Kabupaten Ciamis.

Pantai Pangandaran, bekas Ciamis ini masih menjadi salah satu primadona dan menjadi daya tarik wisatawan yang besar hingga kini. Selain pasir putih, tempat wisata pantai di Ciamis (dulu) ini menjadi salah satu surga bagi para pemburu sunset dan sunrise.

Tempat wisata pantai Pangandaran ini memiliki titik koordinat pada -7.6934575,108.6070787. Sedangkan pada peta, letak geografis Pantai di Jawa Barat ini berada di desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Satu lagi yang membuat pantai ini menjadi menarik, ialah adanya mitos. Pantai ini adalah merupakan satu dari sekian banyak jalan mistis menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan. Atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan nama Nyi Roro Kidul.

8. Pantai Batu Karas

 wisata pantai ciamis

Pantai Batu Karas, Ciamis. Secara tata negara lokasi tempat wisata pantai Batu Karas, Ciamis. Ini berada di Jalan Batu Karas, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Jawa Tengah.

Meski tidak terlalu luas, pantai Batu Karas Ciamis ini terkenal karena disebut sebagai tempat surfing paling bagus di Jawa Barat. Koordinat pantai Batu Karas ini berada di titik -7.7499658,108.5001656 pada GPS anda.

Anda tak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk menemukan tempat wisata pantai ini. Karenakan tempat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Khususnya di Ciamis dan Pangandaran.

Sudah banyak fasilitas yang memadai di pantai Batu Karas ini, Mulai dari rumah makan hingga penginapan. Lokasinya yang searah dengan objek wisata ciamis green canyon pun menjadi salah satu keutungan tempat wisata pantai di Ciamis ini.

Lagi pula taksia-sia pantai Batu Karas ini mendapat julukan “Bali Kecil”. Ini karena suasana pantai nya memang hampir mirip dengan pantai-pantai di pulau Bali tersebut.

Anda tentunya semakin penasaran ya? Tiket masuk ke pantai Batu Karas ini sekitar Rp 6.000,00 hingga Rp 300.000,00. Tempat wisata pantai di Ciamis ini buka dari jam 09.00 hingga jam 17.00.

Tempat wisata pantai Batu Karas ini paling ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur ataupun menjelang akhir pekan.

Sedangkan para wisatawan dari luar kota biasanya tertantang untuk membuktikan sendiri. Yaitu tantangan keganasan ombak di pantai Batu Karas ini dengan mencoba surfing di sana.

Baca Juga: 26 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Menarik Untuk di Kunjungi

9. Pantai Batu Hiu

tempat wisata pantai di ciamis Jawa Barat

Pantai Batuhiu, Ciamis. Lokasi tempat wisata pantai BatuHiu ini berada di koordinat -7.7049938,108.5101041. Pantai di kecamatan Parigi ini mempunyai karang yang berbentuk ikan hiu. Itulah awal mula nama pantai ini.

Panorama pemandangan pantai Samudera Hindia dengan deburan ombak yang ganas menghantam karang. Ini telah menjadi ikon dan ciri khas pantai BatuHiu.

Selain itu, perbukitan hijau dengan tumbuhan pandan wangi mendukung lengkap ciri khas wisata pantai di Jawa Barat ini.

Di tempat wisata keluarga ini juga terdapat penangkaran penyu. Jika berminat, anda bisa melihat dari dekat bagaimana cara penangkaran dan pengembang biakkan, serta pelestarian penyu di tempat aslinya.

Satu lagi yang unik dari tempat wisata pantai di Jawa Barat ini. Semua pengunjung, termasuk anda, harus dapat menjaga sopan santun dan perkataan. Ini karena pantai BatuHiu ini dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

10. Pantai Karang Nini

Tempat wisata keluarga di Ciamis

Pantai Karang Nini, Ciamis. Lokasi tempat wisata pantai ini berada di desa Emplak, kecamatan Kalipucang. Pada GPS pantai di Jawa Barat ini berada pada titik koordinat -7.6791596,108.7179841.

Tempat wisata keluarga di Ciamis ini dikenal unik karena memiliki batu karang yang menyerupai nenek-nenek. Dari keadaan inilah nama Pantai di Ciamis ini konon berasal.

Letak tempat wisata alam pantai ini berjarak sekitar 83 kilometer dari pusat kota Ciamis. Pantai terakhir juga dikenal karena memiliki karang unik.

Jika Pantai Batu Hiu karangnya berbentuk ikan hiu maka Pantai Karang Nini punya karang yang menyerupai nenek-nenek. Konon karang yang menyerupai seorang nenek.

Nenek tersebut adalah penjelmaan dari Nini yang setia menunggu suaminya pulang, hingga ia berubah menjadi batu. Letak tempat wisata alam pantai ini berjarak sekitar 83 kilometer dari pusat kota Ciamis.

Masih banyak tempat wisata indah yang ada di kabupaten Ciamis ini. Ke 10 tempat wisata Ciamis ini adalah daya tarik tersendiri untuk anda datang dan mengunjungi kota Ciamis.

Terutama bila anda punya rencana traveling yang agak ekstrim. Dan juga tidak melulu terpancang pada obyek wisata terkenal yang telah tertera pada peta pariwisata.

Beberapa tempat wisata Ciamis ini sudah menjadi ikon sejak lama. Namun beberapa lainnya masih merupakan tempat wisata terbaru di Ciamis ini. Oleh dari itulah kehadiran anda sangat dibutuhkan untuk ikut menyebarluaskan keberadaannya.

Kemajuan teknologi yang ada sangat mempermudah kehidupan kita sekarang, pun untuk pergi ke suatu tempat. Apalagi jika ditambahh dengan adanya kendaraan baik pribadi maupun umum.

Begitu pula proses dokumentasi, banyak ponsel pintar sekarang sudah menyematkan kamera setara dengan kamera professional. Bahkan dengan penyimpanan berkapasitas besar.

Tempat Wisata di Jawa Barat Lainya:

Semua itu akan sangat berguna sekali dalam proses pengembangan, pengenalan, dan penyebarluasan tempat wisata terbaru. Khususnya yang belum semuanya terdata di peta wisata.