17 Tempat Wisata di Kudus Terbaru yang Menarik Untuk di Kunjungi

tempat wisata di kudus
foto dari @sekitarkudus

Tempat Wisata di Kudus – Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Yang berada di jalur pantura antara Jakarta ke Surabaya.

Kota yang terkenal dengan Kota Santri dan Kota Kretek atau rokok ini ternyata memiliki cukup banyak tempat berlibur yang menarik.

Umumnya masyarakat mengira tempat wisata di Kudus hanya wisata religi saja, padahal tidak demikian. Selain wisata religi, banyak potensi wisata lain, seperti wisata alam yang bisa Anda sambangi ketika berada di Kudus.

Tempat Wisata di Kudus

Berikut akan kami sajikan daftar beberapa tempat yang direkomendasikan untuk Anda hampiri saat berada di Kudus:

1. Menara Kudus

Tempat menarik di Kudus
foto dari @sekitarkudus

Di Kudus terdapat sebuah menara yang terletak di Masjid yang sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai materi pelajaran di sekolah.

Menara itu terdapat di Masjid al-Manar atau ada juga yang menyebutnya Masjid al-Aqsa. Namun nama resmi masjid ini adalah Masjid al-Aqsa Manarat Qudus.

Tempat menarik di Kudus ini terletak di Jalan Menara, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 dengan bentuk yang mirip dengan candi Hindu Budha. Hal ini merupakan salah satu bukti akulturasi budaya yang terjadi di Indonesia pada zaman penyebaran Islam dahulu.

Yang tak kalah menarik dari tempat wisata kota Kudus ini adalah bahan pembuatannya yang berupa batu maqdis. Batu tersebut dikirim langsung dari Palestina.

2. Makam Sunan Kudus

tempat wisata area Kudus
foto dari @shofiakafa

Sebagaimana yang telah diketahui oleh banyak orang, Kudus memiliki banyak tempat yang merupakan wisata religi.

Termasuk di dalamnya adalah makam Sunan Kudus yang selalu menjadi tempat wisata area Kudus yang ramai dikunjungi. Pada hari-hari tertentu akan ada banyak peziarah yang berdatangan mengunjungi makam salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini.

Letak peristirahatan terakhir salah satu wali songo ini adalah tepat di belakang Masjid al-Aqsa Manarat Qudus. Karena itu, jika Anda mampir ke Masjid tersebut.

tidak ada salahnya mengunjungi Makam Sunan Kudus sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa beliau.

3. Makam Sunan Muria

tempat wisata populer di Kudus
foto dari @auliyaresasavira

Salah satu tempat wisata populer di Kudus yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung adalah Makam Sunan Muria.

Biasanya para peziarah selain mengunjungi Makam Sunan Kudus juga akan mendatangi tempat peristirahatan terakhir Sunan Muria. Makam ini terdapat di lereng Gunung Muria, yaitu di Desa Colo, Kecamatan Dewe.

Untuk mencapai lokasi Makam Sunan Muria ini sekarang sudah banyak ojek pangkalan yang bersedia mengantar para peziarah.

4. Makam Syekh Sadzali

Obyek wisata di Kudus Jateng
image via welovefatwakehidupan.blogspot.co.id

Satu lagi tokoh bersejarah dalam penyebaran umat Islam yang dimakamkan di Kudus, yaitu Syekh Sadzali.

Beliau merupakan salah satu orang yang mendampingi Sunan Muria dalam menyebarkan agama Islam. Makam Syekh Sadzali ini biasanya dikunjungi oleh peziarah yang sedang berada di Kudus.

Obyek wisata di Kudus Jateng ini juga sebaiknya tidak Anda lewatkan. Karena selain berwisata, Anda juga sekaligus bisa belajar mengenai sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Indramayu Yang Menarik Untuk di Kunjungi

5. Museum Kretek Kudus

tempat wisata keluarga di Kudus
foto daroi @al_fildafilda

Berbicara tentang ikon kota, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi museumnya. Terkenal dengan kota kretek atau rokok, Kudus telah membangun sebuah museum yang berkaitan dengan hal tersebut. T

Tempat wisata keluarga di Kudus ini berada di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di museum yang berdiri sejak 3 Oktober 1986 ini memiliki lebih dari 1.195 koleksi sejarah yang berkaitan dengan kretek.

Seperti alat dan bahan pembuatan kretek, dokumentasi pendiri pabrik rokok bal tiga. Benda-benda promosi di masa lalu, dan banyak lagi koleksi lainnya.

Selain melihat berbagai koleksi terkait kretek, di sana Anda juga bisa menyaksikan secara langsung proses produksinya secara manual maupun modern.

Untuk masuk ke objek wisata murah di Kudus ini hanya perlu membayar tiket sebesar 1.500 rupiah untuk hari biasa.

Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional hanya dikenai tarif 2.000 rupiah saja. Museum ini buka setiap hari sejak pukul 07.30 pagi hingga 16.00 sore.

6. Museum Purbakala Patiayam

Tempat wisata di Jekulo Kudus
foto dari @aminoedinahmad

Selain Museum Kretek, di Kudus masih terdapat satu museum lagi yang akan membantu kita menambah wawasan, yaitu Museum Purbakala Patiayam.

Tempat wisata di Jekulo Kudus ini tidak berbeda jauh dengan Museum Fosil Sangiran di Sragen. Fosil yang menjadi koleksi Museum Purbakala Patiayam juga terawat dengan baik.

Hal tersebut karena proses penimbunannya menggunakan abu hakus dan fosil-fosil tersebut dibentuk sedemikian rupa dengan sebaik mungkin.

Koleksi Museum Purbakala Patiayam ini cukup lengkap, selain fosil manusia purba, di sana juga terdapat fosil fauna vertebrata dan invertebrata.

Untuk itu tidak ada salanya bertandang sejenak ke museum ini bersama buah ahti Anda ketika hari libur tiba. Sehingga selain berwisata, putra-putri Anda juga bisa mendapat wawasan baru mengenai fosil zaman purba.

Tempat wisata yang bagus di Kudus ini berada di Dukuh kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

7. Air Terjun Montel

Tempat wisata Kudus Colo
foto dari @libra_sadewa87

Tempat wisata Kudus Colo yang bisa Anda sambangi adalah Air Terjun Montel yang letaknya tidak jauh dari Makam Sunan Muria. Sehingga tidak ada salahnya untuk bermain sebentar di bawah dinginnya air setelah pulang berziarah.

Air Terjun Montel ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Untuk masuk ke sana, wisatawan dikenai biaya sebesar lima ribu rupiah saja, sangat terjangkau sekali, bukan?

Terdapat pula fasilitas pendukung yang akan mempermudah wisatawan, seperti mushola, toilet, area parkir, warung makan, dan kios cinderamata.

8. Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

 tempat wisata alam Kudus
image via Lihat.co.id

Air Terjun Gonggomino Colo Kudus merupakan salah satu tempat wisata alam Kudus yang sangat indah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Montel, yaitu di Desa Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.

Namun untuk tiba di air terjun tersebut harus menempuh medan yang sedikit sulit, yaitu menyusuri Sungai Rejenu. Dan hingga saat ini hanya itu akses untuk menuju Air Terjun Gonggomino.

Untuk itu para wisatawan dituntut agar selalu waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

9. Air Terjun Goa Kudus

tempat wisata air terjun Kudus
image via Jowonews.com

Selain dua air terjun tadi, di Pegunungan Sunan Muria terdapat satu lagi keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan.

Air terjun Goa Kudus, tempat wisata air terjun Kudus ini sepertinya semakin hari semakin tenar namanya. Terbukti dari jumlah pengunjung yang selalu ramai, terutama ketika hari libur tiba.

Tunggu, sedang memuat. . .

Air terjun ini terbilang cukup unik, karena ia memiliki dua sumber mata air. Hal tersebut menyebabkan Air Terjun Goa Kudus tidak kering meskipun di tengah-tengah musim kemarau.

Baca Juga: 16+ Tempat Wisata di Ngawi dan Sekitarnya Paling Terbaru

10. Air Tiga Rasa Muria Kudus

Tempat liburan di Kudus
image via log.viva.co.id

Tempat liburan di Kudus yang anti mainstream dan penuh misteri adalah Air Tiga Rasa Muria Kudus. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang meiliki satu lokasi air yang memiliki ketajaman rasa berbeda-beda.

Konon air tersebut memiliki kahsiat tersendiri, seperti dapat meningkatkan kepercayaan diri, menambah ketenangan jiwa, serta bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Selain itu banya orang melakukan tirakat di tempat ini untuk mendapat mata air keempat.

Manurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut, sumber mata air tersebut dapat mengabulkan semua permintaan. Sehingga ditutup oleh Syekh Sadzali.

11. Desa Wisata Rahtawu

 tempat piknik di Kudus
foto dari @putriwee28

Keindahan alam memang akan terasa lebih menarik jika disaksikan dari ketinggian. Sehingga hamparan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa dapat terlihat lebih luas dengan jarak pandang yang hampir tidak terbatas.

Desa Wisata Rahtawu menjadi salah satu tempat piknik di Kudus yang banyak dipilih oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu luangnya.

Desa wisata ini berada pada ketinggian yang cukup tinggi. Sehingga dari sana Anda bisa melihat wilayah Kudus, Pati, Grobogan, dan Jepara.

Alamnya yang masih hijau dan sejuk membuat banyak pengunjung merasa betah dan ingin terus kembali ke Desa Wisata Rahtawu ini.

12. Grey Canyon Kudus

tempat berfoto di Kudus
foto dari @rararaniie

Jika di Arizona, Amerika Serikat ada Grand Canyon, dan di Semarang. Jawa Tengah memiliki Brown Canyon, maka Kudus tidak mau kalah.

Di Kudus terdapat Grey Canyon yang hingga kini sering dijadikan sebagai tempat berfoto di Kudus. Hal ini dikarenakan pemandangan yang disajikan memberi kesan tak biasa ketika diabadikan dengan jepretan kamera.

Sehingga tak heran jika tempat ini kemudian menjadi hits di kalangan wisatawan. Awalnya daerah ini bukanlah objek wisata, melainkan bekas galian C. Grey Canyon ini menjadi terkenal setelah dijadikan sirkuit offroad tingkat nasional.

Kira-kira tahun 2010, tempat hunting di Kudus ini mulai menarik minat wisatawan untuk menyambanginya.

13. Gardu Pandang Bukit Ternadi Kudus

Tempat wisata baru di Kudus
image via Ngadem.com

Tempat wisata baru di Kudus ini berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di sana merupakan spot untuk melihat kota dari ketinggian dengan perpaduan hijaunya Kudus ditambah birunya langit. Bahkan dari atas sini, Anda bisa menyaksikan Waduk Logung.

Pemandangan indah tersebutlah yang membuat wisatawan berbondong-bondong memadati gardu pandang ini.

Akses menuju lokasi Gardu Pandang Bukit Ternadi ini cukup menantang, dengan naik turun bukit yang dikelilingi rimbunnya pepohonan.

Akan tetapi sulitnya medan tersebut setimpal dengan pemandangan yang akan disaksikan kelak ketika telah sampai di atas. Ibarat kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

14. Gunung Muria

Tempat wisata Gunung Muria Kudus
foto dari @bayuwidirahmanto

Tempat wisata Gunung Muria Kudus memang cukup banyak mengingat keindahannya yang tidak diragukan lagi. Namun sepertinya terasa tanggung jika tidak sekalian mendaki ke puncaknya. Gunung Muria ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten kudus, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Pati. Gunung dengan ketinggian 1.602 Mdpl ini memiliki beberapa puncak. Yaitu Puncak Songolikur atau Saptorenggo yang merupakan puncak tertinggi, Puncak Candi Angin. Puncak Argo Jembangan, Puncak Abiyoso, dan Puncak Argo Wiloso.

Terdapat dua jalur pendakian untuk tiba di puncak Gunung Muria, yaitu Jalur Rahtawu, Kudus, dan Jalur Tempur, Jepara. Namun kami sarankan sebaiknya Anda melewati jalur Rahtawu karena sedikit lebih mudah.

Sayangnya tempat wisata yang indah di Kudus ini jarang didaki oleh pendaki luar Jawa. Kebanyakan hanya penduduk setempat yang melakukan pendakian.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi dan ketinggiannya yang tidak seberapa. Padahal pemandangan yang terlihat dari Puncak Gunung Muria ini tak kalah menarik jika dibandingkan dengan puncak gunung lainnya.

Baca Juga: 37 Tempat Wisata di Jember Terbaru dengan Biaya yang Murah Meriah

15. Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus

tempat hiburan malam di Kudus
foto dari @arifinlazy

Seperti kota-kota lain, Kudus juga memanfaatkan alun-alun secara maksimal untuk tempat hiburan malam di Kudus.

Sepertinya pemerintah Kudus tidak main-main dalam memanfaatkan ruang publik berupa alun-alun ini. Setelah dilakukan beberapa renovasi, saat ini alun-alun Kudus menjadi sangat rupawan dan memiliki daya tarik tersendiri.

Ada banyak fasilitas yang disediakan di sana, seperti wifi corner, jogging track, shelter untuk beristirahat, serta tanaman-tanaman dengan bunga warna-warni.

Mengingat ada banyak spot foto menarik di sana. Tidak heran jika alun-alun ini sekarang menjadi tempat nongkrong di Kudus oleh anak-anak muda.

Dan yang biasa menjadi sorotan adalah tulisan Simpang 7 Kudus yang cukup besar dengan sorotan lampu yang menambah semarak keindahannya.

Jadi harap sedikit bersabar jika ingin berfoto di depan tulisan itu, karena harus mengantri terlebih dahulu. Hal tersebut wajar terjadi, mengingat hampir semua pengunjung alun-alun ingin mengabadikan momen mereka dengan berfoto di depan tulisan tersebut.

16. Waterboom Mulia Wisata Kudus

tempat rekreasi di Kudus
foto dari @lely_tulip

Waterboom Mulia Wisata merupakan salah satu tempat rekreasi di Kudus yang selalu ramai dikunjungi.

Waterboom dengan fasilitas cukup lengkap ini berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tikernya sangat terjangkau, yaitu sebesar 15.000 rupiah saja per orangnya.

Karena itu, wajar saja jika waterboom ini seolah tidak pernah kehabisan pendatang. Ada banyak fasilitas yang disediakan di waterboom yang mulai buka sejak pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore ini.

Di sana terdapat kolam renang berstandar nasional dengan panjang sekitar 50 meter dan kolam arus. Kemudian di sana juga tersedia tempat pemancingan, area ATV, dan sarana permainan anak.

Sehingga jika Anda sedang tidak ingin basah, Anda bisa menghabiskan waktu di salah satu arena tersebut. Untuk fasilitas umum yang tersedia di tempat bermain anak di Kudus ini. Antara lain area parkir, mushola, toilet, smoking area, wifi area, dan gazebo.

17. Wisata Kuliner

tempat wisata kuliner Kudus
foto dari @sekitarkudus

Berkunjung ke suatu daerah baru tentu saja tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut.

Ada banyak tempat wisata kuliner Kudus yang bisa memuaskan hasrat indra pengecap Anda. Disamping itu ada pula beberapa menu khas Kudus yang boleh Anda cicipi selama berada di sana.

Salah satu menu yang kami rekomendasikan adalah kopi jetak, yang mungkin sudah tidak asing bagi pecinta kopi. Minuman khas Kudus ini diracik dengan cara unik yang berbeda dibanding pembuatan kopi lain.

Yang khas dari kopi ini adalah penggorengannya yang sampai menghitam dan penambahan air kopi. Untuk menikmati kopi ini, Anda bisa mengunjungi Desa Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sedangkan makanan khas yang bisa Anda nikmati adalah lentog tanjung di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Menu ini baisanya disajikan ketika sarapan. Lentog tanjung merupakan potongan lontong dengan sayur nangka muda dan lodeh tahu.

Untuk menambah kenikmatan rasanya, Anda bisa menambakhan telur puyuh, bakwan, serta kerupuk.

Peta Wisata Kudus


Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainya:

Itulah beberapa tempat wisata di Kudus yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu libur Anda. Beberapa potensi alam di Kudus memang kurang banyak dikunjungi karena terbatasnya informasi mengenai area wisata tersebut. Namun bukan berarti Kudus tidak memiliki tempat berlibur yang dapat menghibur Anda. Jadi, jangan ragu berlibur ke Kudus, ya.