18 Tempat Wisata di Magelang Terbaru yang Menarik dan Menantang

tempat wisata di magelang
foto dari @jelajah.magelang

Tempat Wisata di Magelang – Magelang, kota sejuta bunga ini semakin lama semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kabupaten yang memiliki banyak gunung ini menyimpan banyak tempat wisata yang mulai dilirik oleh wisatawan. Terutama setelah beberapa lokasi dijadikan sebagai tempat shooting beberapa film yan meledak di pasaran.

Ditambah lagi karena lokasinya yang berdektatan dengan Yogyakarta, membuat banyak orang tak melewatkan kesempatan untuk mampir ke Magelang.

Magelang merupakan satu-satunya wilayah yang dikelilingi lima gunung. Gunung-gunung tersebut adalah Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Sumbing.

Karena itu Magelang menyimpan banyak potensi wisata yang mengandalkan keindahan alamnya. Ada banyak candi, air terjun, maupun gardu pandang yang menawarkan keindahan dan sebaiknya tidak Anda lewatkan ketika sedang di Magelang.

Tempat Wisata di Magelang

Di bawah ini akan kami bagikan beberapa tempat wisata di Magelang yang sebaiknya Anda kunjungi:

1. Rumah Kamera

Tempat berfoto di Magelang
foto dari @prabandariayunda

Sesuai dengan namanya, rumah kamera ini benar-benar berbentuk kamera DSLR dengan ukuran yang super besar.

Tempat berfoto di Magelang ini terletak di Majaksingi 8, Borobudur, Jawa Tengah, tidak jauh dari Candi Borobudur. Jika Anda berpikir bahwa pemilik rumah ini adalah seorang fotografer, maka Anda salah, karena rumah ini dibsngun oleh seorang pelukis.

Rumah kamera ini adalah milik Bapak Tanggol Angin Jatikusumo yang merupakan pelukis asal Semarang namun lama tinggal di Bali.

Di dalam rumah kamera tersebut ada banyak lukisan menarik. Karya Pak Tanggol yang sangat indah dan detail yang bisa Anda nikmati. Selain itu terdapat juga kursi-kursi kecil yang dibentuk dengan unik untuk melepas penat para pengunjung setelah berkeliling rumah.

Dan yang tak kalah menarik dari tempat wisata area Magelang ini adalah Anda bisa naik hingga ke balkon atas rumah. Di sana para pengunjung akan disajikan pemandangan cantik hijau dan asrinya desa-desa di Magelang di sekitar rumah kamera tersebut.

2. Punthuk Setumbu

obyek wisata baru Magelang
foto dari @irfakahmadhafidhib

Punthuk Setumbu merupakan obyek wisata baru Magelang yang belakangan ini mulai tenar dikalangan wisatawan, terutama pemburu sunrise.

Bagaimana tidak, ketika pagi hari, semburat merah matahari yang perlahan menerangi bayang-bayang kemegahan Candi Borobudur terlihat sangat menawan.

Ditambah lagi tiket masuknya hanya 15.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 25.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan hasil yang didapatkan.

Selain itu di sana juga dibangun banyak spot menarik, seperti rumah pohon berbentuk hati yang semakin mempercantik foto Anda nantinya.

Objek wisata murah di Magelang ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo Km.3 Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Area wisata ini dibuka sejak pukul 04.00 pagi hingga puku 17.30 sore setiap hari.

Sebaiknya Anda bertandang ke sini di pagi hari untuk menyaksikan cahaya lembut sang surya. Yang perlahan menyinari kemegahan Borobudur yang fenomenal itu.

3. Gereja Ayam

tempat wisata Magelang hits
foto dari @reginabuldut

Siapa yang tak kenal gereja ayam, tempat wisata Magelang hits ini menjadi terkenal sejak muncul di film AADC 2. Seperti halnya Punthuk Setumbu, lokasi ini juga cocok digunakan untuk mengabadikan moment matahari terbit.

Tempatnya juga tidak jauh dari Punthuk Situmbu, Anda bisa berjalan kaki saja jika ingin mengunjungi dua tempat tesebut.

Selain gardu pandang yang terletak di puncak gereja, Anda juga bisa melihat-lihat isi gereja yang telah dibuka untuk umum. Sepanjang jalan menuju atas, ada banyak lukisan di dinding yang cukup menarik untuk dijadikan objek foto.

Untuk bisa menuju puncak tempat wisata Magelang dekat borobudur ini, Anda diharapkan sedikit sabar dalam mengantri. Mengingat area atap gereja yang tidak terlalu luas membuat hanya sedikit orang yang bisa ditampung.

Selain itu dimohon kesadarannya juga agar tidak terlalu lama berada di atas sehingga tidak membuat pengunjung lain menunggu terlalu lama.

Baca Juga: Jelajah Objek Wisata Gua Pindul dan Sungai Oya di Jogja

4. Top Selfie Pinusan Kragilan

Tempat wisata Magelang hutan pinus
foto dari @adhityadodi

Tempat wisata Magelang hutan pinus ini memang tengah hits di kalangan anak-anak muda. Jejeran pohon pinus memang memberikan kesan apik pada foto.

Apalagi saat ini telah ditambah beberapa fasilitas yang membuat hasil jepretan Anda akan lebih menawan. Seperti hammock yang bertingkat di antara dua pohon dan lain-lain.

5. Ketep Pass

tempat menarik di Magelang
foto dari 2ahmadfay_kun

Ketep Pass merupakan tempat menarik di Magelang yang selalu ramai oleh pengunjung, terutama di hari libur. Area wisata ini merupakan gardu pandang yang dilengkapi dengan museum mengenai Gunung Merapi.

Di dalam museum tersebut terdapat beberapa koleksi mengenai erupsi Merapi serta replika Gunung Merapi. Letaknya memang berada di dekat gunung yang megah itu, tepatnya di Bukit Sawangan, yang berada di antara Merapi dan Merbabu.

Untuk menuju ke sana aksesnya sudah cukup mudah dengan jalan yang mulus dan tidak terlalu berkelok-kelok.

6. Kebun Strawberry

tempat liburan di Magelang
foto dari @hetti_setiyani

Tidak jauh dari Ketep Pass, terdapat kebun strawberry yang merupakan tempat liburan di Magelang dengan sensasi berbeda.

Di sana, Anda dapat memetik buah strawberry langsung dari pohonnya. Setelah dipetik, strawberry-strawberry tersebut ditimbang untuk kemudian bisa Anda bawa pulang.

Sedangkan jika Anda membeli buah yang sudah dalam kemasan, harganya bisa lebih murah ketimbang memetik sendiri. Wisata kebun buah strawberry ini bisa menjadi salah satu tempat untuk berlibur sekaligus belajar mengenai pertanian.

7. Bukit Grenden

tempat piknik di Magelang
foto dari @ahfaozan

Bukit Grenden menjadi tempat piknik di Magelang yang saat ini juga tengah hits di kalangan anak muda.

Kawasan yang termasuk dalam jalur baru pendakian ke Merapi ini memberikan beberapa fasilitas yang akan membuat foto Anda terlihat kekinian.

Yang paling terkenal dari spot foto tersebut adalah rumah kurcaci. Selain itu, di sana juga terdapat hutan pinus dengan keindahannya yang menentramkan.

Di Bukit Grenden ini Anda pun dapat menyaksikan panorama sunset dan sunrise dari ketinggian yang tentu saja sulit untuk diabaikan.

8. Taman Kyai Langgeng

Tempat rekreasi di Magelang
foto dari @wiwidnurfikasari

Tempat rekreasi di Magelang yang satu ini memang sudah cukup terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusta kota serta kesejukan dan keramahan lingkungan yang dihadirkan menjadikan tempat ini banyak diminati.

Taman Kyai Langgeng dibangun di atas tanah seluas 82 hektar. Yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas demi memberi kenyamanan pada pengunjung.

Di taman Kyai Langgeng tersebut terdapat banyak wahana. Yang terbagi menjadi wahan edukasi, wahana petualang, wahana air, wahana permainan, dan wisata religius.

Dikarenakan fasilitas tersebut, tempat bermain anak di Magelang ini senantiasa dipadati oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktu luang.

Tunggu, sedang memuat. . .

Mengingat selain berekreasi, buah hati Anda bisa sekaligus mendapat pengalaman dan pengetahuan baru mengenai banyak hal.

Baca Juga: Liburan ke Pantai Samas di Jogja dan Banyak Hal Yang dapat Dilakukan

9. Taman Badakan

tempat wisata anak Magelang
foto dari @binttangbinttang

Selain Taman kyai Langgen, Taman Badakan juga merupakan tempat wisata anak Magelang yang cukup ramai dikunjungi.

Meskipun berada di tanah yang tidak terlalu luas, namun fasilitasnya cukup memadai dan akan menyenangkan hati si kecil.

Di sana tersedia banyak permainan, seperti odong-odong, ayunan, mobil-mobilan listrik, patung hewan, dan masih banyak lagi. Masih di area Taman Badakan ada banyak penjual bakso kerikil yang boleh Anda hampiri sembari menanti putra-putri Anda lelah bermain.

Menemani anak bermain sambil menyantap semangkok bakso kerikil hangat di tengah dinginnya Kota Magelang tentu terasa menyenangkan.

10. Alun-Alun Magelang

tempat nongkrong di Magelang
foto dari @explorermagelang

Hampir bisa dipastikan setiap kota memiliki alun-alun yang dijadikan lokasi strategis untuk menghabiskan waktu, termasuk di Magelang.

Alun-alun kota sejuta bunga itu juga menjadi tempat nongkrong di Magelang bagi sebagian anak-anak muda. Hal tersebut karena di sana terdpaat beberapa tempat yang terlihat cantik untuk dijadikan objek foto.

Salah satu yang selalu menarik perhatian adalah menara air peninggalan zaman Belanda yang hingga kini masih berfungsi dengan baik.

Tempat hiburan malam di Magelang ini juga sering dijadikan lokasi konser band, acara-acara sekabupaten, dan banyak lagi.

Bahkan di siang hari, alun-alun ini pun tetap ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun pendatang dari luar daerah. Di sekitar alun-alun ada banyak penjaja kuliner yang dapat mengusir rasa lapar.

Dan tak jauh dari alun-alun juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh untuk teman atau saudara di rumah.

11. Candi Pawon

Tempat wisata edukasi di Magelang
foto dari @tsaljulfikri

Candi Pawon sering juga dikenal sebagai Candi Brajanalan ini berada tidak jauh dari Candi Borobudur, yaitu sekitar 2 Km. Dan Candi Pawon ini merupakan upa angga atau bagian dari Candi Borobudur.

Tempat wisata edukasi di Magelang yang sarat akan nilai sejarah ini memiliki ketinggian sekitar 1.5 meter dengan denah segi empat.

Tepi Candi Pawon bentuknya berliku-liku dan memilii dua puluh sudut, serta batu dari dindingnya dihiasi dengan pahatan bermotif sulur-suluran. Nama Candi Pawon berasal dari kata Pawuan yang berarti tempat menyimpan abu.

12. Candi Mendut

Wisata keluarga di Magelang
foto dari @indrigracia85

Selain Candi Borobudur yang merupakan salah satu dair keajaiban dunia, Magelang juga memiliki banyak candi-candi yang lain.

Salah satunya adalah Candi mendut yang cukup populer karena termasuk dalam materi pembelajaran di sekolah. Wisata keluarga di Magelang yang edukatif.

Karena mengandung unsur sejarah ini terletak satu garis lurus dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon. Situs bersejarah ini ditemukan pada tahun 1836 dan telah dilakukan pemugaran sebanyak empat kali.

Di dalam Candi Mendut terdapat ruangan berisi altar dengan tiga arca Budha yang hingga kini masih terawat dengan baik.

13. Air Terjun Sekar Langit

tempat wisata di grabag Magelang
foto dari @khorik_dwiwi

Jika Anda mengetahui kisah tentang Jaka Tingkir, mungkin Anda bertanya-tanya, dimana lokasi air terjun yang digunakan bidadari tersebut untuk mandi.

Dan konon air terjun yang dimaksud dalam cerita tersebut adalah Air Terjun Sekar Langit. Yang merupakan tempat wisata di grabag Magelang. Air terjun ini cukup indah dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.

Untuk menuju ke sana Anda harus menempuh perjalanan yang sedikit berat karena jalanan yang curam dan berliku. Namun itu bukan masalah besar karena akses ke Air Terjun Sekar Langit sudah diaspal dengan baik.

Baca Juga: Bermanja Dengan Kesunyian di Pantai Pasut, Tabanan Bali

14. Kedung Kayang

Tempat wisata Magelang air terjun
foto dari @adit_rabbitz

Tempat wisata Magelang air terjun sebenarnya cukup banyak dengan keunikan masing-masing yang selalu menarik minat pengunjung.

Salah satu air terjun yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Magelang adalah Kedung Kayang. Lokasinya tidak jauh dari Ketep Pass sehingga tidak ada salahnya untuk mampir ke sana.

Air terjun ini berada di sekitar perbatasan Boyolali dengan Magelang, tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Dan di Desa Klakah, Kabupaten Boyolali.

Ketinggian air terjun yang terletak di alur Sungai Pabelan ini adalah 39 meter. Dengan kadar air yang deras serta sangat jernih.

Sungai Pabelan sendiri berasal dari dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Merbabu. Hanya saja untuk sampai ke air terju tersebut Anda harus berjalan kaki menuruni bukit dengan jarak yang cukup jauh.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menyiapkan segala perbekalan, seperti air minum dan baju ganti dengan baik.

15. Gardu Pandang Babadan

tempat wisata alam Magelang
foto @there_dwi

Gardu Pandang Babadan merupakan tempat wisata alam Magelang yang mirip seperti Ketep pass. Gardu pandang ini akan membantu Anda yang ingin menyaksikan merapi dengan lebih jelas dan indah.

Dari sini juga dilakukan aktivitas memantau gunung merapi karena jaraknya yang cukup dekat. Selain gardu pandang, di sana juga diputar film teater volcano yang menampilkan letusan-letusan Gunung Merapi.

Film tersebut juga memutar secara detail mengenai hujan batu, percikan batu pijar. Serta awan panas atau yang biasa disebut wedus gembel.

16. Bukit Sleker Asri

Objek wisata bandongan Magelang
foto dari @mc_eca23

Objek wisata bandongan Magelang yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi adalah Bukit Sleker Asri. Arena wisata tersebut dikelola oleh masyarakat yang tergabung dalam LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Masyarakat bergotong royong memanfaatkan lahan hutan pinus kepunyaan Perhutani untuk dijadikan destinasi wisata.

Saat ini ada beberapa fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan, yaitu gazebo, jalan setapak di hutan pinus, serta bumi perkemahan.

Sedangkan fasilitas lain yang masih dalam tahap antara lain flying fox, rumah pohon, dan taman edukasi lalu lintas.

17. Citra Elo Rafting Sungai Elo Progo

obyek wisata Elo Magelang
foto dari @simel22

Citra Elo Rafting Sungai Elo Progo menjadi salah satu obyek wisata Elo Magelang yang cukup menantang.

Di sana pengunjung bisa melakukan rafting di Sungai atau Kali Elo yang akan didampingi oleh operator profesional. Sehingga untuk masalah keselamatan tidak perlu terlalu dicemaskan.

Rafting di Kali Elo dengan jarak sekitar 10-11 Km ini bisa dilakukan di segala musim dan cocok bagi para pemula. Biasanya durasi rafting ini tiga jam dengan pemandangan indah dan jeram yang cukup mengguncang perahu.

18. Sentra Kebun Durian Candimulyo

tempat wisata candimulyo Magelang
foto dari @kebundurian

Candimulyo memang sudah terkenal akan duriannya, maka tak heran jika tempat wisata candimulyo Magelang yang paling dicari adalah kebun durian.

Candimulyo sendiri merupakan kecamatan di magelang yang berjarak sekitar 5 Kilometer ke arah timur. Durian yang dihasilkan memang berkualitas tinggi dengan rasa yang mantap disertai aroma wangi yang menggugah selera.

Karena itu tak heran jika durian hasil panen di Candimulyo terkenal ke seluruh Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menyantap durian di antara pohon-pohonnya yang berbuah lebat, datang saja ke Dusun Munung.

Di Sentra Kebun Durian Candimulyo, terdapat banyak pohon durian yang tidak terlalu tinggi namun sudah memiliki banyak buah. Sentra Kebun Durian Candimulyo ini telah dibuka sejak tahun 2015 lalu dan selalu ramai oleh pecinta durian.

Peta Wisata Magelang


Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainya:

Itulah beberapa tempat wisata di Magelang yang mungkin bisa Anda kunjungi. Ketika sedang berada di Kota Sejuta Bunga ini atau sekitarnya. Ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang berada di Magelang yang tidak akan cukup jika hanya dikunjungi selama sehari. Karena itu, jangan kapok ke Magelang, ya.