17 Tempat Wisata di Pati Terbaru yang Sangat Menarik Untuk di Kunjungi

tempat wisata di pati
foto dari @explorekab.pati

Tempat wisata di Pati – Pati mungkin kurang dikenal sebagai kota wisata oleh sebagian orang. Namun ternyata potensi alam di Pati cukup indah dan menarik.

Karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa membuat Pati memiliki beberapa pantai yang boleh disambangi di waktu senggang.

Kabupaten di jawa Tengah ini juga memiliki banyak wisata religi nan bersejarah yang dapat menambah wawasan para pengunjung yang mendatanginya.

Selain wisata alam dan religi, di Pati juga tersedia banyak kuliner dengan rasa luar biasa yang sebaiknya Anda coba. Karena itu tidak ada salahnya memilih Pati sebagai lokasi wisata yang akan Anda datangi pada liburan selanjutnya.

Tempat Wisata di Pati

Berikut akan kami sajikan beberapa tempat wisata di Pati yang sebaiknya Anda datangi:

1. Wisata Alam Pantai Banyutowo (Pantai Soimah) Pati

tempat menarik di Pati
foto dari @mnorkholissap

Pantai memang selalu memiliki pesona yang tak terkalahkan dan selalu mampu memberi ketentraman di jiwa semua orang. Suara debur ombak disertai birunya langit sering kali membuat banyak orang betah berlama-lama bersantai di pantai.

Pati dengan segala keindahannya juga memiliki pantai dengan keunikan tersendiri yang boleh Anda coba untuk kunjungi. Wisata alam Pantai Banyuwoto merupaka tempat menarik di Pati yang berbatasan dengan Kabupaten Jepara.

Pantai ini tak jauh dari lokasi wisata di Jepara, seperti Benteng Portugis dan Pulau Mandalika, sehingga cukup strategis.

Di pantai Banyutowo ini terdapat dermaga kapal nelayan yang akan membuat pemandangan semakin tampak berkesan dan berbeda. Pantulan bayang-bayang kapal di atas laut kala senja menyapa akan terlihat begitu menawan.

Tempat piknik di Pati yang satu ini juga dijadikan sebagai tempat ritual sedekah laut yang selalu rutin diadakan. Di pantai ini pula tempat Soimah, salah satu artis ibukota, lahir dan dibesarkan, sehingga ada masyarakat yang menyebutnya Pantai Soimah.

2. Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Sambilawang Pati

Tempat liburan di Pati
foto dari @gulamlam

Tempat liburan di Pati selanjutnya yang masih memanfaatkan keindahan laut adalah Hutan Mangrove Pantai Sambilawang. Di hutang mangrove tersebut pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise dari balik hutan bakau sambil memancing ikan.

Di samping itu, melihat laut yang berbatasan langsung dengan daratan tanpa disertai pasir lembut mungkin bisa menjadi pengalaman baru.

Mangrove atau bakau yang hidup di pesisir dengan luas kurang lebih delapan hektar ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi.

3. Alun-Alun Simpang Lima Pati

Tempat nongkrong di Pati
foto dari @jerry_yand

Alun-Alun Simpang Lima Pati memiliki keunikan tersendiri karena masih mempertahankan wujud yang digagas sejak zaman dahulu. Yaitu terdapat masjid di sebelah barat, yang bernama Masjid Agung Baitunnur.

Di bagian utara kantor pemerintahan, yang saat ini adalah Kantor Kabupaten Pati, serta pasar di timur. Tempat nongkrong di Pati ini juga terletak di tempat yang sangat strategis sehingga mudah untuk didatangi.

Karena tempatnya yang begitu luas, tak heran jika Alun- Alun Simpang Lima Pati sering dijadikan sebagai tempat konser. Tempat hiburan malam di Pati ini juga semakin terlihat indah ketika hari mulai gelap.

Hal tersebut dikarenakan lampu berwarna warni yang dipasang di sana sehingga membuat suasana terasa romantis.

Ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sana dan dengan beragam pilihan makanan yang boleh Anda coba. Jadi Anda bisa menikmati malam sambil mencicipi kuliner Pati.

Baca Juga: Liburan ke Pantai Samas di Jogja dan Banyak Hal Yang dapat Dilakukan

4. Wisata Alam Pulau Seprapat

tempat rekreasi di Pati
foto dari @yosartsculpture

Pulau Sprapat merupakan tempat rekreasi di Pati yang berada di sebelah utara TPI Juwana. Tempat ini merupakan pulau buatan yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda dengan banyak pohon rindang yang membuatnya terasa asri.

Sebenarnya Pulau Sprapat ini memiliki cukup banyak mitos, misteri, serta legenda yang muncul sejak zaman Kerajaan Majapahit

. Tetapi keindahan, keasrian, serta hijaunya pulau ini membuat banyak wisatawan sejenak terlupa dengan hal-hal itu. Di tengah Pulau Sprapat ini terdapat sebuah makam dengan bentuk musholla yang dibangun oleh masyarakat setempat.

5. Wisata Alam Waduk Gunung Rowo Pati

Tempat hunting di Pati
foto dari @seputarpati

Waduk Gunung Rowo merupakan wisata yang bersejarah karena merupakan salah satu penginggalan Belanda yang masih terawat hingga saat ini.

Tempat hunting di Pati ini berada di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong. Di waduk ini para pengunjung dapat menikmati keindahan hijaunya Gunung Muria di sebelah timur.

Waduk Gunung Rowo ini sebenarnya dibangun sebagais arana irigasi sawah-sawah di sekitarnya. Namun karena keindahannya yang memukau membuat banyak orang mengunjungi Waduk Gunung Rowo ini.

6. Wisata Alam Waduk Seloromo Pati

Objek wisata murah di Pati
foto dari @wisatapati

Waduk Seloromo juga dibangun untuk irigasi yang malah menarik minat wisatawan karena keindahannya.

Objek wisata murah di Pati yang satu ini letaknya tidak terlalu jauh dengan Waduk Gunung Rowo. Dengan keindahan yang boleh diadu.

Maka tak heran jika banyak fotografer yang mendatangi Waduk Selomoro ini untuk menciptakan karya-karya menawan.

Dan tak jarang pula masyarakat datang ke mari untuk sekedar bersantai sambil menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan Yang Maha Segalanya.

7. Pati Night Carnival

wisata malam di Pati
foto dari @fajrink_

Pati Night Carnival merupakan event tahunan yang rutin diadakan di Kabupaten Pati. Setiap tahunnya wisata malam di Pati ini mengusung tema yang berbeda dengan hasil kostum yang selalu unik dan menarik.

Beragam kostum tersebut dipamerkan dengan melakukan seni tari atau aksi teatrikal. Hal tersebut berhasil membuat para hadirin yang hendak menyaksikan Pati Night Carnival merasa sangat terhibur.

Event rutin ini sudah cukup terkenal sehingga tak heran jika penonton yang memadati area berjumlah hingga ribuan orang.

Baca Juga: Bermanja Dengan Kesunyian di Pantai Pasut, Tabanan Bali

8. Juwana Water Fantasy

wisata keluarga di Pati
foto dari @dayahmolmol

Juwana Water Fantasy merupakan wisata keluarga di Pati yang mengusung wisata air atau waterboom. Bentuk bangunan Juwana Water Fantasy ini mendapatkan inspirasi dari Tembok Benteng di Eropa sehingga memberi kesan foto yang apik.

Waterboom unik dan indah ini berada di Jalan Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Batangan, Pati. Selain kolam renang untuk anak-anak dan dewasa juga terdapat sekitar 35 wahana yang telah dibangun dan masih memungkinkan terus bertambah.

Sehinga banyaknya permainan yang terdapat di sana, baik darat maupun air akan mewujudkan fantasi Anda yang selama ini terpendam.

Tempat bermain anak di Pati ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih lima hektar. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau.

Dijamin menghabiskan waktu bersama keluarga di Juwana Water Fantasy akan memberi pengalaman seru yang tak terlupakan.

9. Wisata Alam Klating Pucakwangi

tempat berfoto di Pati
foto dari @samsul_hariadhi

Jika diperhatikan, manusia seringkali senang berada di tempat-tempat yang memiliki air pada tempat yang luas dan dalam debit yang banyak.

Sebut saja air terjun, danau, waduk, pantai, sungai, dan sebagainya, selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Begitu pula di Pati yang memiliki Sungai Klating di Kecamatan Pucakwangi.

Tunggu, sedang memuat. . .

Karena keindahannya, banyak warga setempat memanfaatkan sungai ini sebagai tempat berfoto di Pati. Tempat wisata alam Pati ini cukup menakjubkan karena bebeda dari sungai-sungai pada umumnya.

Sungai Klating ini memiliki undakan sehingga terlihat bagaikan air terjun bertingkat. Yang istimewa lagi dari Sungai Kating ini adalah letaknya yang berada di dataran tinggi. Berbeda dengan kebanyakan sungai yang biasanya berada di dataran rendah.

10. Kebun Kopi Jolong

 tempat wisata alam Pati
foto dari @evaaristya

Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang, bahkan hampir semua orang menyukai minuman beraroma wangi ini.

Di Pati sendiri terdapat sebuah kebun kopi yang kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam Pati. Kebun itu berada di Desa Jolong Kecamatan Gembong, sehingga banyak yang menyebutnya Kebun Kopi Jolong Pati.

Obyek wisata yang sekaligus sentra penghasil kopi terbesar di Pati ini sangat alami dan jauh dari polusi udara.

Tempat wisata bagus di Pati ini bahkan dikunjungi oleh sekitar 7.4 ribu orang setiap tahunnya. Lokasinya yang berada di jajaran Gunung Muria ini memang tampak asri, hijau, dan teduh.

Maka wajar jika kebun kopi ini kini malah beralih fungsi menajdi lokasi wisata yang banyak didatangi oleh anak-anak muda. Udaranya yang sejuk juga cocok dijadikan sebagai lokasi camping.

11. Situs Bersejarah Candi Kayen

tempat wisata di Kayen Pati
image via gakbosan.blogspot.co.id

Situs Candi Kayen merupakan tempat wisata di Kayen Pati yang penuh dengan nilai sejarah dan edukasi. Cagar budaya di Pati ini berada di tengah persawahan yang tidak terlalu padat penduduk.

Situs bersejarah ini diperkirakan merupakan peninggalan leluhur sejak zaman Hindu-Buddha kuno. Sejak ditemukan oleh warga setempat, Balai Arkeologi Yogyakarta selalu mengekskavasi situs Candi Kayen ini setiap tahunnya.

Dan wisata edukatif ini dikunjungi oleh sekitar 4.5 ribu orang setiap tahun.

Baca Juga: Jelajah Objek Wisata Gua Pindul dan Sungai Oya di Jogja

12. Wisata Religi di Makam Syekh Mutamakkin dan Makam Syekh Jangkung Saridin

Tempat wisata religi di Pati
image via Berberita.com

Tempat wisata religi di Pati memang cukup banyak dengan nilai sejarah yang lumayan tinggi.

Dan yang paling sering dikunjungi adalah Makam Syekh Mutamakkin yang merupakan ulama dengan pengaruh cukup besar.

Hampir 500 ribu orang datang berziarah ke makam di Desa Kajen, Kecamatan Mergoyoso ini setiap tahunnya. Sejarah, legenda, dan mitos yang berkembang di tengah masyarakat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain Makam Syekh Mutamakkin, di Pati juga terdapat Makam Syekh Jangkung Saridin yang selalu ramai oleh peziarah.

Tempat wisata murah di Pati yang juga dipenuhi nuanasa religius dan bersejarah ini dikunjungi sekitar 200 ribu orang per tahun.

Syekh Jangkung Saridin sendiri merupakan salah satu tokoh yang cukup berpengaruh dalam penyebaran agama Islam yang berasal dari Pati Selatan.

Makam Syekh Jangkung Saridin ini berada di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

13. Wisata Air Terjun Tadah Hujan Pati

Tempat wisata air terjun di Pati
foto dari @mrizqi_p

Sebagai daerah yang memiliki pegunungan dan dataran tinggi, Kabupaten pati menyimpan beberapa tempat wisata yang menarik, termasuk air terjun.

Tempat wisata air terjun di Pati yang pertama akan diulas adalah Air Terjun Tadah Hujan di Pegunungan Kendeng, Kecamatan Sukolilo. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dan cenderung sepi dari pengunjung.

Sehingga sangat tepat untuk dikunjungi oleh Anda yang membutuhkan suasana tenang , jauh dari keramaian dan kebisingan kota.

Pemandangan yang indah disertai air yang jernih serta dingin. Akan menjadi terapi alami untuk segala kelelahan dari rutinitas harian yang menjemukan.

14. Wisata Air Terjun Grenjengan Jolong Pati

tempat wisata paling indah di Pati
image via destinasialam.com

Tidak begitu jauh dari Kebun Kopi Jolong ternyata tersimpan satu area wisata yang cukup menjanjikan dan menarik minat wisatawan.

Adalah Air Terjun Grenjengan Pati yang dikelilingi suasana alam bernuansa hijau dengan udara yang terasa sangat bersih. Keasrian alamnya tetap terjaga hingga kini, sehingga tidak berlebihan jika tempat ini disebut sebagai tempat wisata paling indah di Pati.

Air terjun ini merupakan air terjun yang pengelolaannya paling baik di Pati. Lokasi Air Terjun Grenjengan Jolong ini adalah di bawah objek wisata Kebun Kopi Jolong, tepatnya di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

15. Wisata Alam Goa Wareh Pati

tempat wisata di Gunung di Pati
foto dari @ruliwidyastuti

Letaknya yang berada di dekat pegunungan membuat banyak tempat wisata di Gunung di Pati yang sayang untuk dilewatkan.

Selain air terjun dan kebun kopi, di Pati juga terdapat goa yang boleh Anda coba kunjungi. Salah satu goa yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Pati adalah Goa Wareh, tepatnya berjarak 15 Km saja.

Goa ini cukup kecil, hanya sepanjang kira-kira 200 meter saja. Dengan air yang mengalir di dalamnya yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Namun keindahan serta mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar membuat Goa Wareh Pati ini sering didatangi wisatawan.

16. Tempat Wisata Sendang Sani Pati

Tempat wisata Sendang Sani Pati
foto dari @rahayuningtyas.aris

Tempat wisata Sendang Sani Pati juga merupakan icon kebanggan Kabupaten Pati yang senantiasa ramai oleh pengunjung.

Sendang Sani merupakan kolam atau sendang kecil yang mengeluarkan air terus menerus. Dan konon di dalam kolam tersebut terdapat seekor bulus yang telah berumur ratusan tahun.

Bulus sendiri adalah hewan yang mirip dengan kura-kura namun berukuran kecil, terkadang ada juga yang menyebutnya labi-labi.

Tak jauh dari sendang tersebut dibangun juga kolam renang yang dikelola dengan baik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah Terbaru dan Asyik untuk dikunjungi

17. Tempat Wisata Kuliner di Pati

tempat wisata kuliner di Pati
foto dari @haris_subagyaa

Seperti halnya kota-kota lain, Pati juga memiliki kuliner khas. Yang sangat sayang jika tidak dicicipi ketika sedang berada di Bumi Mina Tani itu.

Ada beberapa tempat wisata kuliner di Pati yang bisa memanjakan indra pengecapan Anda. Yang pertama, soto ayam kemiri yang berada di utara Terminal Pati.

Soto ini menjadi unik karena dalam pembuatannya semua bahan dikopyok terlebih dahulu. Rasanya yang segar dan gurih sangat cocok di santap di tengah hiruk pikuk keramaian Pati.

Jika Anda adalah penggemar daging, terutama kambing, silakan mampir sebentar ke Simpang Lima Pati untuk menikmati Petis Kambing Runting.

Daging kambing lembut dengan kuah santan yang kental membuat lidah seperti tidak sanggup berhenti bergoyang. Kuah santan dengan campuran tepung beras dan daging kambing tersebut benar-benar lembut dan gurih.

Masih berada di dekat Simpang Lima Pati, yaitu sekitar 500 meter dari alun-alun. Terdapat tahu gimbal udang jumbo yang rasanya sangat mantap.

Jika Anda terlalu kenyang untuk makan nasi, mungkin tahu gimbal ini bisa dijadikan solusi sebagai pengganjal perut. Tahu gimbal yang telah digoreng disiram dengan saus kacang dan ditaburi bawang goreng untuk mrnambah aroma sedap.

Dan jangan lupa tambahkan udang berukuran jumbo yang menjadikan rasanya tak terkalahkan.

Peta Wisata Pati


Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainya:

  1. 20 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah yang Ngehits dan Asyik
  2. 17 Tempat Wisata di Kudus Terbaru yang Menarik Untuk di Kunjungi
  3. 15 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Anda Kunjungi
  4. 20 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah yang paling Asyik

Ada banyak sekali, bukan, tempat wisata di Pati yang menarik dengan harga terjangkau untuk dikunjungi? Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah berlibur ke Pati dan buktikan sendiri keindahan yang terhampar di Bumi Mina Tani tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjadi turis bertanggung jawab dengan tidak mengotori tempat-tempat wisata, baik dengan sampah ataupun coret-coretan.