Tempat Wisata di Pekalongan Terbaik

tempat wisata di pekalongan
foto dari @explorepekalongan

Tempat Wisata di Pekalongan – Mendengar kata Pekalongan, tentu teringat dengan batiknya, terutama setelah Slank memopulerkan lagu berjudul “Kota Batik”.

Namun bukan hanya batik yang menjadi andalan kota di jalur pantura ini, area wisatanya pun banyak yang bagus. Apalagi mengingat posisinya yang berbatasan dengan Laut Jawa, membuat Kabupaten Pekalongan memiliki pantai yang menawan.

Pegunungan yang memagari juga turut menyumbang tempat wisata alam di Pekalongan seperti air terjun dan pemandangan menakjubkan dari ketinggian.

Bukan hanya pesona alamnya saja yang membuat banyak orang berdecak kagum. Banyak makanan lezat dihasilkan dari tangan-tangan warga di Pekalongan yang diwariskan secara turun-temurun.

Sehingga ketika sedang berada di salah satu kabupaten di Jawa tersebut, Anda bisa mewujudkan dua keinginan sekaligus. Yaitu menyantap hasil masakan yang lezat dan rekreasi ke tempat-tempat indah.

Tempat Wisata di Pekalongan

Berikut akan kami sajikan beberapa tempat wisata di Pekalongan yang sebaiknya Anda kunjungi:

1. Museum Batik Pekalongan

tempat rekreasi di Pekalongan
foto dari @sekitarpekalongan

Berada di kota batik tentu tidak lengkap jika tidak mengunjungi museum batik yang menjadi landmark Kota Pekalongan.

Museum yang didirikan pada tahun 1972 dan diresmikan tahun 2006 ini memiliki ribuan koleksi batik. Dengan beragam motif, warna, dan asal.

Bukan hanya batik Pekalongan, di tempat rekreasi di Pekalongan ini juga terdapat batik Rembang, Cirebon, Banten, Madura, Kalimantan, bahkan Papua. Terdapat 1.149 macam batik yang dikoleksi oleh museum yang berdiri di atas tanah seluas 40 meter pesegi ini.

Selain kain batik, tempat menarik di Pekalongan ini juga memiliki koleksi beragam peralatan yang berkaitan dengan batik. Seperti alat tenun tradisional dan sebagainya. Sehingga Anda Museum Batik Pekalongan ini sangat cocok bila dijadikan sebagai ajang rekreasi sekaligus edukasi bagi buah hati Anda. Museum Batik terdapat di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan Jawa Tengah.

[Baca Juga : 13 Tempat Wisata di Lamongan Jawa Timur Terbaru dan Menarik]

2. International Batik Center

tempat wisata belanja di Pekalongan
foto dari @batik_ungguljawa

International Batik Center merupakan pusat jual beli batik terbesar di Pekalongan. International Batik Center ini ibaratnya Pasar Bringharjo jika di Yogyakarta atau Pasar Klewernya Solo.

Seperti namanya, di sana Anda bisa memiilih beraneka ragam motif dan bentuk batik dengan harga terjangkau. Ada banyak produk batik yang di jual di sana, dan tidak konses pada pakaian saja.

Beragam kerajinan bermotif batik lainnya juga tersedia di tempat wisata belanja di Pekalongan ini.

Di International Batik Center, terdapat 700 unit usaha AC dan non AC, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok batik. Dengan banyaknya kios dan pilihan produk yang tersedia, International Batik Center menjadi tempat yang tepat untuk berburu oleh-oleh.

Tempat wisata batik Pekalongan ini berada di Jalan A. Yani No.573 Wiradesa (Jalur Pantura), Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

3. Bukit Pawuluhan Pekalongan

 Tempat hunting di Pekalongan
foto dari @feri_yulianto21

Setelah puas berburu batik, saatnya Anda berdecak kagum dengan pesona Pekalongan yang tak terkalahkan. Terutama ketika melihat langsung dari ketinggian, tepatnya di Bukit Pawuluahn Pekalongan.

Tempat hunting di Pekalongan ini telah lama hits di kalangan pemburu golden sunrise yang biasanya akan mendirikan tenda di sana.

Memang jalan untuk menuju ke sana cukup terjal dengan kondisi yang sedikit licin apabila habis diguyur hujan. Namun semua keindahan harus diraih dengan sedikit perjuangan, agar perasaan takjub itu tidak mudah hilang.

Objek wisata murah di Pekalongan satu ini bahkan sudah menampilkan keindahan sebelum wisatawan tiba di sana. Sepanjang perjalanan, hamparan sawah yang menghijau diikuti pepohonan rindang yang menjadi tempat kera liar bersembunyi terasa sangat indah.

Selain itu warga sekitar juga sangat ramah dan bersedia membantu para pengunjung, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Dan yang paling penting, golden sunrise yang menyapu lembut Kota Pekalongan akan terlihat sangat fantastis dari Bukit Pawuluhan ini.

4. Gunung Kendalisodo

Tempat wisata alam di Pekalongan
foto dari @mountnesia

Jika tidak puas hanya menikmati sekali golden sunrise di Bukit Pawuluhan, silakan lanjutkan pendakian ke Gunung Kendalisodo. Tempat wisata alam di Pekalongan ini menyuguhkan sensasi yang menarik sekaligus menantang.

Gunung dengan ketinggian 1.695 meter di atas permukaan laut ini cocok digunakan sebagai latihan bagi pendaki pemula.

Dari atas puncak Gunung Kendalisodo, Anda akan disajikan pemandangan Pekalongan dari atas dengan sangat menakjubkan. Di Gunung Kendalisodo ini juga merupakan tempat masyarakat setempat melakukan ritual adat tertentu.

5. Pantai Pasir Kencana Pekalongan

wisata keluarga di Pekalongan
foto dari @sugenk_wie

Selayaknya daerah yang ebrbatasan dengan lautan, Pekalongan juga memiliki pantai yang selalu ramai oleh wisatawan.

Salah satunya adalah Pantai Pasir Kencana yang selalu menjadi pilihan sebagai wisata keluarga di Pekalongan. Pantai yang berjarak sekita 4.5 km dari Kota Pekalongan ini memberikan pemandangan senja yang sangat mengesankan.

Selian itu ada satu fasilitas unik yang terdapat di pantai ini, yaitu Jembatan Cinta. Jembatan ini sering kali dijadikan sebagai objek foto oleh para pengunjung Pantai Pasir Kencana Pekalongan.

6. Pantai Depok Pekalongan

Tempat piknik di Pekalongan
foto dari @shogaii_

Tempat piknik di Pekalongan yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai wisata keluarga. Dengan ombak yang landai dan tenang membuat pengunjung merasa lebih tenang untuk melepas si kecil bermain dengan air laut.

Akan tetapi tentu saja orang tua tidak boleh lalai mengawasi putra-putrinya. Pantai dengan pasir kehitaman ini akan menghadirkan pemandangan senja yang istimewa dan sulit untuk dilupakan.

Alamatnya adalah di Desa Depok, Kecamatan Siwalang, Kabupaten Pekalongan.

7. Pantai Wonokerto Pekalongan

tempat liburan di Pekalongan
foto dari @fach_rullah

Jika Anda mencari tempat liburan di Pekalongan sekaligus berburu ikan, Pantai Wonokerto adalah tempat yang tepat.

Di pantai dengan pemandangan indah ini terdapat sebuah pelelangan ikan yang menjual ikan segar. Ikan-ikan segar tersebut merupakan hasil tangkapan langsung dari nelayan setempat.

Dan Pantai Wonokerto ini juga merupakan lokasi acara nyadran sebagai wujud syukur para nelayan atas melimpahnya rezeki berupa hasil laut.

8. Wisata Hutan Mangrove Pekalongan

Tempat wisata murah Pekalongan
foto dari @dessyindriani_

Bakau atau biasa juga disebut mangrove merupakan salah satu komponen penting dalam ekosistem laut. Sehingga tak heran jika keberadaannya sangat diperhatikan oleh pecinta alam.

Dan karena keindahannya, tak jarang hutan mangrove atau bakau ini menjadi obyek wisata, termasuk di Pekalongan.

Tempat wisata murah Pekalongan ini awalnya adalah tambak udang yang dikelola oleh pemerintah. Tambak tersebut kemudian ditanami bakau agar tidak terjadi abrasi di sekitar tempat itu.

Selain pesona pohon bakau yang berjejer rapi, di sana juga disewakan perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling. Kemudian jembatan yang mengantarkan wisatawan ke tengah laut juga dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat menarik ketika dipotret.

Anda bisa melihat konsepnya dalam bentuk miniatur yang tersimpan di ruangan di pinggir hutan mangrove tersebut. Maka tak heran jika banyak anak muda mengunjungi tempat ini ketika hari libur tiba.

[Baca Juga: 17+ Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru Paling Keren]

9. Wisata Bahari Pekalongan

tempat bermain anak di Pekalongan
foto dari @iqbal_percussion

Salah satu tempat bermain anak di Pekalongan yang menyenangkan dan wajib Anda kunjungi adalah Wisata Bahari pekalongan.

Tunggu, sedang memuat. . .

Lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Pantai Pasir Kencana, yaitu sekitar 4.5 km dari Pusat Kota Pekalongan. Biasanya Wisata Bahari ini ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika hari libur, terutama akhir pekan.

Ada banyak fasilitas untuk memanjakan pengunjung di tempat wisata anak di Pekalongan ini. Seperti taman, taman bermain, area memancing, gazebo, gardu pandang, dan masih banyak lagi.

Namun yang paling menarik perhatian dari tempat wisata yang dikelola oleh Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan ini adalah akuarium raksasanya.

Terdapat banyak ikan yang ditempatkan di akuarium yang sangat besar sehingga dapat menjadi wisata edukatif bagi anak Anda.

Selain itu, di obyek wisata yang buka sejak pukul 6 pagi hingga 21 malam ini. Juga menyajikan pemandangan sunset yang sangat indah.

10. Curug Bajing Pekalongan

Tempat wisata Curug Bajing Pekalongan
foto dari @trvl5_

Tempat wisata Curug Bajing Pekalongan akhir-akhir ini memang sedang hits dan ramai didatangi oleh para pengunjung.

Lokasinya yang berada di Pegunungan Petingkriono yang telah lama terkenal akan keasriannya. Mungkin merupakan salah satu penyebab terkenalnya air terjun ini.

Curug Bajing ini merupakan air terjun yang ebrtingkat-tingkat, sehingga wajar saja jika pesonanya tidak ada duanya.

Air yang dialirkan juga sangat sejuk dan bening, sehingga membuat siapa saja yang bermain di sana merasa segar. Curug Bajing ini berada di Desa Telogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

11. Curug Bidadari Jolotigi Pekalongan

Tempat wisata air terjun Pekalongan
foto dari @instapekalongan.tumblr.com

Tempat wisata air terjun Pekalongan yang sebaiknya Anda datangi selain Curug Bajing adalah Curug Bidadari Jolotigi. Air terjun ini memiliki aliran air yang sangat jernih, bersih, dan menyegarkan.

Di Curug Bidadari Jolotigi ini terdapat lima aliran yang berbentuk seperti kolam renang dengan keindahan tak terkalahkan.

Sehingga banyak pula masayarakat yang menyebutnya senagai Curug Batu Dinding Kolam Lima. Air terjun ini berada di Desa Purbo Jolotigi, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

12. Alun-Alun Pekalongan

Tempat hiburan malam di Pekalongan
foto dari @umi_marifa29

Tempat hiburan malam di Pekalongan bisa dibilang belum terlalu banyak, namun Anda bisa menghabiskan waktu di Alun-Alun Pekalongan.

Sebagaimana alun-alun lain di berbagai kota, alun-alun di Pekalongan pun selalu ramai oleh masyarakat. Banyak warga yang menghabiskan waktu di alun-alun bersama keluarga sambil menikmati kesibukan Kota Pekalongan.

Wisata malam di Pekalongan ini dikelilingi oleh pedagang kaki lima yang menawarkan banyak menu. Sehingga jika Anda ingin makan di luar, tidak perlu merasa bingung hendak pergi kemana.

Ada pula penyewaan mainan anak-anak, seperti motor atau mobil listrik untuk menghibur buah hati Anda. Tak jauh dari alun-alun, terdapat sebuah masjid yang dilengkapi dengan kolam berisi terapi ikan.

Untuk melakukan terapi, tidak dikenakan tarif khusus, cukup menyumbang seikhlasnya ke kotak amal yang tersedia di masjid tersebut.

13. Desa Wisata Lolong Pekalongan

Tempat wisata paling indah di Pekalongan
foto dari @umysetya

Tempat wisata paling indah di Pekalongan ini menyediakan banyak wisata adventure, contohnya river stubing di Sungai Sengkarang.

Namun yang paling diburu ketika berada di Desa Wisata Lolong Pekalongan adalah duriannya yang sangat terkenal. Berbagai macam jenis durian dengan kualitas unggulan tersedia di desa wisata Lolong ini.

Sehingga sangat disarankan bagi para pecinta durian untuk berburu buah terlezat itu sekaligus menikmati suasana asri perkebunan di sini. Lokasi tepatnya adalah di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

14. Linggo Asri Pekalongan

 tempat wisata Linggo Asri Pekalongan
foto dari @dwftrrhmwt97

Jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan melakukan banyak hal menyenangkan, tempat wisata Linggo Asri Pekalongan boleh Anda jadikan alternatif pilihan.

Di desa wisata yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan alam.

Sehingga Anda bisa menikmati keindahan pesona Pekalongan dengan cara berbeda yang seru dan tak terlupakan.

Obyek wisata linggo Pekalongan biasanya ramai dikunjungi oleh rombongan kampus kantor maupun keluarga pada akhir pekan.

Itu disebabkan karena di sana terdapat beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Seperti area outboond, bumi perkemahan, kolam renang, arung jeram, dan mini zoo.

15. Kebun Teh Pagaliran Pekalongan

Tempat wisata kebun teh Pekalongan
foto dari @Mytrip123.com

Bagi Anda yang kebetulan berdomisili di Pekalongan atau sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh ke Bogor atau Karanganyar untuk melihat kebun teh.

Karena di dekat Pekalongan juga ada, meskipun sebenarnya sudah masuk ke wilayah Kabupaten Batang. Tempat wisata kebun teh Pekalongan, yang berada di Desa Pegaliran ini berada di perbukitan Dieng Jawa Tengah.

Anda bisa menikmati sensasi hawa yang sejuk dengan pemandangan hamparan pohon teh yang hijau. Keindahan dan keasrian yang diberikan benar-benar membuat banyak pengunjung merasa betah dan malas pulang.

[Baca Juga: 31 Tempat Wisata di Probolinggo]

16. Obyek Wisata Watu Ireng

tempat wisata angker di Pekalongan
foto dari @syafaq_ortega_010

Banyak yang mengatakan bahwa Watu Ireng merupakan tempat wisata angker di Pekalongan. Namun sebenarnya tempat ini tidak seseram yang diceritakan dari mulut ke mulut tersebut.

Obyek wisata Watu Ireng adalah batu hitam yang besar dan berongga yang hingga saat ini tidak diketahui dari mana asalnya. Itulah yang menyebabkan orang-orang penasaran dan mulai mendatangi watu ireng tersebut.

Tempat wisata watu ireng di Pekalongan ini berada di Desa Lambur, Kecamatan Kendang Serang, Pekalongan. Kira-kira berjarak 17 kilometer dari pusat Kota Pekolongan.

Dari Watu Ireng ini Anda bisa berfoto dengan latar hijuanya Pekalongan yang terlihat masih sangat asri.

17. Wisata Kuliner Pekalongan

Tempat wisata kuliner Pekalongan
foto dari @mas__yon__

Berkunjung ke suatu daerah baru tentu tidak lengkap jika belum mencicipi aneka makanan khas yang tersedia di sana. Begitu pula jika Anda sedang berada di Pekalongan yang terkenal akan Sego Megononya.

Tempat wisata kuliner Pekalongan harus Anda kunjungi agar bisa mencicipi beragam cita rasa khas Pekalongan. Yang merupakan perpaduan antara budaya Arab dan Tionghoa.

Selain sego megono yang gurih dengan perpaduan nangka muda dan bumbu kelapa, ada banyak makanan lain yang menggugah selera. Sebut saja salah satunya, soto tauto yang sangat menyegarkan terutama ketika hari sedang terasa panas.

Soto tauto berisi banyak rempah untuk memperkaya rasa dengan taburan daging ayam atau sapi. Dijamin Anda akan merasa kenyang dan segar setelah menyantap soto tauto ini.

Setelah kenyang dengan makanan berat, saatnya menutup hari dengan kopi tahlil. Dari cerita yang beredar, kopi ini merupakan hasil dari pencangkokan budaya Arab.

Minuman yang menjadi favorit banyak orang ini memiliki aroma rempah cengkeh, jahe, dan kayu manis serta tentu saja kopi. Sangat cocok untuk menghangatkan badan sambil nongkrong cantik di tengah sibuknya Kota Pekalongan.

Ternyata di balik ketenarannya akan batik, Pekalongan juga punya banyak pesona wisata yang juga layak didengungkan.

Peta Wisata Pekalongan


Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainya:

Tempat wisata di Pekalongan pun tak kalah menarik dibanding kota-kota lain yang selalu dipadati oleh wisatawan. Sepertinya untuk berkeliling ke seluruh tempat menarik di Pekalongan ini tidak mungkin selesai dalam waktu satu atau dua hari. Karena itu jangan kapok main ke Pekalongan, ya.