Tempat Wisata Kuliner di Bandung Paling Enak

wisata kuliner bandung
foto dari @aviandarista05

Wisata Kuliner di Bandung – Bandung merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari dua juta jiwa. Jumlah penduduk yang begitu padat, menjadikan Bandung sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia.

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung mencerminkan keberagaman penduduk yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Keunikan penduduk menciptakan berbagai kreasi yang beragam, sehingga banyak tempat yang patut untuk dikunjungi.

Selain itu, Bandung juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, seperti sejarah konferensi Asia Afrika salah satunya.

Bandung dijuluki sebagai Kota Kembang karena rupanya yang elok dengan hijau pepohonan dan bunga-bungaan. Maka, tak heran jika Bandung memiliki daya magnet yang besar bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Selain memiliki alam yang indah, Bandung juga terkenal dengan surganya para food lovers. Apapun jenis makanan yang dicari, ada di Bandung. Bukan hanya rasanya saja yang juara, tetapi tempatnya juga patut diacungi jempol.

Mereka, para pemilik warung atau kafe, telah berhasil menuangkan kreativitas mereka untuk menyuguhkan tempat wisata kuliner di Bandung yang cozy.

Bagi siapapun yang sedang menikmati suasana Bandung, tak perlu khawatir kelaparan di tengah malam. Ada banyak kuliner Bandung malam yang tersedia dan siap menghilangkan rasa lapar kamu.

Berikut lima tempat makan enak di Bandung yang perlu kamu cicipi saat singgah di Kota kembang.

1. Wisata Punclut

makanan khas bandung
foto dari @dwardana

Nama tempat ini merupakan sebuah singkatan, yaitu punclut yang berasal dari kata puncak Ciumbuleuit. Tempat makan ini merupakan salah satu kuliner Bandung malam yang juara.

Pasalnya, pemandangan dari puncak Ciumbuleuit ini akan sangat indah ketika dinikmati pada malam hari. Adapun untuk harga makanan di tempat ini dapat bervariasi, karena banyaknya tempat makanan yang tersedia.

Agar tidak menimbulkan kekagetan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu daftar harga makanan yang ditawarkan. Wisata kuliner di puncak Ciumbuleuit dapat mulai dinikmati pukul 08.00 pagi sampai 22.00 malam.

Namun pada ahir pekan atau hari libur, tempat ini bisa buka 24 jam. Jangan lupa persiapkan kamera untuk menyimpan keindahan puncak Ciumbuleuit.

2. Martabak Andir

wisata kuliner bandung
foto dari @ratnaa_ks

Martabak yang satu ini sudah menjadi legenda kuliner di Bandung, karena kelezatannya sudah menggaung sejak tahun 1975.

Keunikan dari martabak Andir adalah varian rasa yang tidak biasa dan pastinya menggugah selera. Salah satu primadona dari martabak Andir adalah martabak manis rasa pandan jagung keju.

Perpaduan rasa yang tidak biasa namun berhasil menciptakan sensasi rasa di lidah. Siapapun yang mencicipi kelezatan martabak andir akan langsung jatuh hati dan menjadi salah satu penggemarnya.

Martabak Andir terletak di Jl. Jendral Sudirman No. 413, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Tempat ini buka pukul 17.00-00.00, tetapi tidak jarang pula tempat ini sudah tutup sebelum pukul 12 malam karena sudah habis.

Untuk harga berkisar 33 ribu hingga 85 ribu, tergantung pilihan rasa dan ukuran. Harga tersebut dirasa cukup mahal bagi beberapa pencinta kuliner, tapi pastinya sebanding dengan rasa yang dinikmati.

3. Masakan Padang Malah Dicubo

makanan khas bandung
foto dari @endryidoll

Masakan padang memang makanan andalan yang bisa ditemui di berbagai tempat. Selain masakannya yang dikenal enak, porsi nasinya pun bisa membuat rasa kenyang yang maksimal.

Untuk para pecinta masakan padang, rumah makan malah dicubo dapat menjadi pilihan yang tepat. Kelezatannya digadang-gadang sebagai makanan padang terlezat di Kota Bandung, dan menjadi salah satu kuliner Bandung yang murah dan enak.

Rumah makan Malah Dicubo bahkan mendapatkan rating 4,5/5 di salah satu situs trip. Rumah makan malah dicubo berlokasi di Jl. Stasiun Hall Selatan No. 27, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung.

Malah dicubo mulai beroperasi dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 19.30. Tempat makan ini akan sangat ramai pada saat jam makan. Sehingga jika Anda ingin menikmati makanan di tempat ini dengan nyaman sebaiknya datang di luar jam makan.

Tetapi perlu diingat pula agar tidak datang terlalu sore agar bisa menikmati menu andalan Malah Dicubo.

4. Cafe Madtari

tempat makan di bandung
foto dari @aviandarista05

Bagi para pecinta keju, kuliner yang satu ini wajib banget dicoba. Keju nya yang melimpah menjadi primadona rumah makan ini. Berbagai olahan makanan khas bandung yang ditaburi keju memang banyak digandrungi para penggemar makanan, begitu pula dengan Cafe Madtari.

Selain makanannya yang lezat, cafe ini juga memiliki setting tempat yang sangat asik, sehingga sangat cocok untuk bersantai. Tempat ini menjadi favorit banyak muda mudi Bandung, baik untuk sekedar nongkrong ataupun mereka yang sedang mengerjakan tugas.

Cafe Madtari memiliki tiga cabang di Kota Bandung, adapun pusatnya berlokasi di Jalan Rangga Gading No. 12 Kota Bandung. Untuk jam operasionalnya, cafe ini bisa dikunjungi kapanpun karena buka 24 jam.

Tak perlu khawatir untuk kisaran harga, karena cafe ini sangat bersahabat untuk kantong mahasiswa sekalipun. Menu yang ditawarkan mulai dari harga 3ribu hingga sekitar 15ribu.

5. One Eighty Coffee

cafe di banung
foto dari @yumi_chico

Tempat nongkrong yang satu ini patut dijuluki sebagai tempat makan enak di Bandung. One Eighty Coffee menjadi tempat yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Kota Bandung.

Tata ruang tempat ini membuat siapapun yang mengunjunginya menjadi jatuh hati. Salah satu spot unik yang menjadi andalan tempat ini yaitu tempat makan yang disetting di atas kolam.

Tempat ini memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati makanan sambil berkecipuk ria di air. One Eighty Coffee menjadi tempat wisata kuliner di Bandung yang banyak direkomendasikan para pencinta cafe.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di kafe ini tidak jarang harus antri terlebih dahulu. Tempat ini selalu ramai dan bahkan memiliki waiting list pengunjung yang akan masuk, jadi harus ekstra sabar.

Tetapi jangan khawatir, pastinya kesabaran itu akan terbayar lunas ketika mencicipi hidangan super lezat yang dihidangkan.

Kafe One Eighty Coffee terletak di Jl. Ganeca No. 5, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Kafe ini buka dari pukul 8 pagi hingga 11 malam.  Harga makanan di One Eighty Coffee memang dirasa cukup mahal, yaitu berkisar 25 ribu sampai 35 ribu.

Meskipun harga nya dirasa cukup mahal, tetapi keunikan tempat dan kelezatan makanannya dijamin tidak akan membuat kamu menyesal. Dimana lagi bisa nemuin tempat seunik One Eighty Coffee yang memiliki keunikan tiada duanya.

Itulah lima rekomendasi tempat wisata kuliner di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Tinggal pilih, mana jenis wisata kuliner yang ingin Anda coba saat ini. Pastinya sesuaikan juga dengan waktu, selera dan budget yang Anda punya.

Selain lima rekomendasi tempat wisata kuliner tersebut, pastinya masih banyak tempat wisata kuliner lainnya yang bisa Anda cicipi. Karena Bandung adalah surganya wisata kuliner Indonesia.

Tunggu, sedang memuat. . .