15 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru Paling Menarik

foto: @wira.depe

Tempat Wisata di Cirebon memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik minat para wisatawan. Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang populer akan wisata religi, sejarah sekaligus wisata alamnya.

Seperti halnya Jogja dan Bandung yang merupakan kota-kota besar yang memiliki banyak objek wisata. Cirebon juga memiliki banyak destinasi wisata populer yang wajib kamu kunjungi ketika liburan!

Tempat Wisata di Cirebon Terbaru

Nah, Anda berencana berkunjung ke Kota para Sunan? Berikut 15 rekomendasi objek wisata yang sayang untuk terlewatkan.

1Danau Setu Patok

foto: @_heybar21

Pesona alam danau Setu Patok memang tidak diragukan lagi. Pasalnya danau ini merupakan danau terbesar di Cirebon, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai danau tobanya Cirebon.

Objek wisata satu ini hamper tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih saat weekend atau libur panjang. Para pengunjung seringkali datang di sore hari untuk memancing, atau sekedar menyaksikan keeksotisan sunset-nya yang mengagumkan.

Jika anda ingin merasakan senasi berlayar di danau Setu Patok, naiklah wahana perahu motor yang disewakan oleh pengelola danau.

Anda akan ditemani berkeliling di atas air dengan melihat-lihat alam di sekitar danau. Danau Setu Patok berada di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur pantura Mundu dan Perumnas Argasunya. Waktu tempuh dari pusat kota hanya sekitar 25 menit saja.

2Pantai Kejawanan

foto: @rahmathl

Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai di Cirebon yang memiliki spot cantik untuk menyaksikan sunrise. Ya, kalian pasti akan terpukau dengan terbitnya matahari yang berada tepat di tengah-tengah pantau.

Selain itu, pantai ini juga dijadikan sebagai Tempat Pengelolaan Ikan atau TPI sekaligus wisata terapi. Nelayan di pantai yang terletak di Pegambiran, lemah wungkuk, kota Cirebon ini juga menyewakan perahu motor. Perahu-perahu tersebut akan mengantarkan pengunjung berkeliling pantai dengan biaya sekitar 20 ribu.

3Cirebon Waterland

foto: @setiawan46us

Cirebon Waterland mulai dibuka tahun 2014. Semula objek wisata ini merupakan Taman Ade Irma Suryani atau biasa disingkat TAIS. TAIS cukup populer di era tahun 90-an, namun pengelolaannya sempat terbengkalai hingga akhirnya disulaplah menjadi sebuah waterpark. Wisata kolam renang di Cirebon satu ini kini menjadi primadona bagi para wisatawan dan warga sekitar.

Nah, Cirebon Waterland cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata bersama keluarga, terlebih buah hati. Berbagai wahana permainan anak sekaligus spot foto menarik menjadi daya tarik utamanya.

Untuk memasuki tempat yang buka mulai pukul 07.00 s/d 21.00 ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar 50 rb rupiah. Berada tidak jauh dari pantai kejawanan yakni terletak di Jl. Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk.

Baca Juga >> 14 Tempat Wisata di Batam Terbaru Yang Asik dan Menarik

4Kawasan Wisata Siwalk

foto: @idranselpetualang

Anda ingin liburan seru yang menarik? Berkunjunglah ke taman wisata siwalk Cirebon, Jawa Barat. Di kawasan ini wisatawan dapat mengunjungi merasakan beragam wahana wisata sekaligus, misalnya saja Waterboom Siwalk dan Outboond Siwalk.

Objek wisata ini terletak di sekitar 8,5 km jalur utama Pantura Mundu, tepatnya berada di desa Setu Patok, Kecamatan Mundu.

Pemandangan indah terlihat dari pohon-pohon rindang yang berada di taman. Taman inilah yang seringkali digunakan sebagai tempat outbond. Berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, tak heran jika kawasan siwalk menyajikan beragam wahana permainan anak.

Diantaranya ialah flying fox, kolam renang, speed boat, arena outbond, speed boat, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuk cukuplah murah yakni sebesar Rp 3.000,-.

5Keraton Kasepuhan Cirebon

foto: @dendi_118

Keraton Kasepuhan menjadi objek wisata sejarah pertama yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini menyimpan sejarah kota Cirebon di masa lampau. Dengan biaya sebesar Rp 8.000,- anda dapat menjelajah sejarah di keratin yang berlokasi di Jalan Jagasatru, Cirebon ini.

Hingga sekarang, bangunan keraton yang didirikan pada tahun 1529 ini masih berdiri dengan kokoh dan megah. Dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati, yang bernama Pangeran Mas Mochammad Arifin II dengan memadukan budaya jawa, sunda, cina, arab, india, dan eropa.

Hal itu terlihat jelas dari arsitektur bangunannya. Di pintu masuk gerbang, pengunjung akan disambut oleh dua patung macan putih yang memperlihatkan besarnya pengaruh agama hindu pada saat itu.

Gerbang didesain menyerupai pura, dengan ukiran pintu bergaya Eropa. Budaya Cuna, nampak dari pagar siti hingilnya yang didesain menggunakan keramik khas Cina. Sedangkan gaya Jawa terlihat dari penggunaan bata merah sebagai tembok yang mengelilingi keraton.

6Keraton Kanoman Cirebon

foto: @lambe_cirebon

Wisata sejarah kedua yang harus kalian datangi ialah Keraton Kanoman. Keraton yang didirikan oleh Pangeran Kertawijaya yang bergelar sebagai Sultan Anom I ini menjadi saksi sejarah perkembangan syiar agama Islam di tanah Cirebon.

Sejak berdiri tahun 1588 silam, keraton Kanoman masih menyisakan benda-benda peninggalan sejarah yang masih terjaga dan terawatt dengan baik.

Salah satu peninggalan yang sangat populer ialah kereta jempana dan kereta Perang Paksi Naga Liman. Keraton Kanoman terletak di Kelurahan Lemah Wungkuk, tepatnya berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman.

Untuk menuju lokasi sangatlah mudah, karena tidak jauh dari kejaksaan Cirebon dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- saja. Tidah mahal bukan?

Baca Juga >> 12 Tempat Wisata Di Batu Malang yang Harus Dikunjungi

7Bukit Gronggong

foto: @sylviaachang

Bukit Gronggong menjadi tempat wisata cirebon kuningan yang sangat recommended untuk kalian kunjungi. Ya, kawasan ini memang menjadi tempat favorit warga Cirebon untuk menyaksikan gemerlap lampu kota di malam hari dari ketinggian sembari menyantap makanan.

Tempat ini mulai ramai ketika petang menjelang. Suasana asyik dan romantic cocok dijadikan sebagai tempat bercengkerama bersama keluarga, teman, maupun rekan. Terlebih lagi hawa sejuk khas perbukitan semakin menambah suasana hangat yang tercipta.

8Alun-alun Kejaksaan

foto: @indriyuliani

Tempat nongkrong di Cirebon yang paling disukai warga ialah alun-alun Kejaksaan. Ketika malam datang, kedai-kedai yang menjajakan makanan dan minuman berjajar di sepanjang jalan.

Kelezatan setiap makanan tercium jelas dari aroma bumbu-bumbu khas yang digunakan. Semakin menggiurkan bukan untuk disantap bersama-sama? Terlebih dengan pasangan.

Walaupun ramai, namun suasana romantic tetap terasa dari kelap-kelip cahaya lampu yang semakin menambah semarak pesona malam di Cirebon

9Masjid Raya At-Taqwa

foto: @masjid_raya_attaqwa_cirebon

Tak jauh dari alun-alun Kejaksaan, terdapat wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Apakah itu? Masjid terbesar di kota Cirebon ini dikenal dengan nama Masjid Raya At-Taqwa.

Di sebelah masjid terdapat sebuah menara yang menjulang tinggi. Di menara inilah pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan Cirebon. Terlepas dari fungsi utamanya sebagai tempat beribadah.

Baca Juga >> 13 Tempat Wisata di Bangkok Terbaru Yang Paling Menarik

10Masjid Agung Sang Cipta Rasa

foto: @rendimuhammad

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid tertua di Cirebon. Sayang rasanya jika tidak menyempatkan waktu untuk singgah shalat di masjid ini.

Masjid yang terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan ini menjadi saksi penyebaran agama Islam di Cirebon. Arsitektur bangunannya pun cukup unik yakni memiliki 9 pintu yang melambangkan Wali Songo.

11Stasiun Kejaksaan

Selain bukit Gronggong dan alun-alun kejaksaan, wisata malam Cirebon yang seru untuk didatangi ialah Stasiun Kejaksaan. Pasalnya tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman.

Ya, selain tempatnya yang sederhana dan terbuka di depan stasiun, tempat ini menawarkan keindahan yang berbeda. Kesegaran malam kota Cirebon dapat kalian nikmati sembari menikmati makanan yang di jual di sepanjang stasiun.

Dijamin perut kalian tidak akan keroncongan bahkan mau dan mau lagi untuk mencicipi setiap makanan yang ada.

12Telaga Remis

Source : piknikasik

Tempat wisata cirebon dan kuningan selanjutnya ialah telaga Remis. Bagi anda yang ingin melepas kepenatan dari padatnya aktivitas sehari-hari, berkunjunglah ke telaga Remis. Berada di kaki gunung Ciremai membuat udara di sekitar telaga cukup sejuk.

Pemandangan alamnya yang menyegarkan mata, tentu akan membuat fikiran menjadi refresh kembali.  Arti dari telaga remis itu sendiri ialah embun dalam bahasa Sunda.

Tak hanya sebagai sumber mata air saja, kini daerah di sekitar telaga telah disulap menjadi wisata alam yang tak kalah menarik.

Di tempat ini, pengunjung diajak untuk lebih dekat dengan alam yakni dengan menjelajah kawasan hutan yang tepat berada di sekeliling telaga. Terletak di Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, dari pusat Kota Cirobon hanya berjarak sekitar 20 km.

13Wanawisata Ciwaringi

foto: @eno_mellano

Cirebon juga memiliki destinasi wisata yang direkomendasikan bagi para wisatawan yang merindukan pemandangan hijau, namanya ialah Wanasiwata Ciwaringi.

Wisata yang menghadirkan danau yang dibalut dengan panorama hutan yang hijau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Cirebon dan Majalengka.

Selain hijau, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan gunung kapur yang berdiri dengan tegak. Bagi pecinta tantangan yang memacu adrenaline, cobalah untuk menaiki motorcross.

Baca Juga >> 14 Tempat Wisata di Australia Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi

14Nasi Jambalang

Berada di Cirebon rasanya kurang lengkap jika tidak merasakan kuliner khasnya. Kuliner enak dan satu-satunya yang hanya bisa dirasakan di Cirebon ialah Nasi jamblang yang banyak dijual oleh para penjual nasi.

Rasa khas nasi jamblang atau biasa disebut sega jamblang itu diperoleh dari daun yang digunakan untuk membungkus nasinya. Jika di daerah lain menggunakan daun pisang, nasi jamblang dibungkus dengan daun jati.

Fungsi dari daun jati itu sendiri tak lain ialah untuk mengawetkan dan menjaga rasa agar tetap enak walaupun disimpan lama. Pori-pori yang terdapat pada daun jati itulah yang  membantu nasi terjaga keawetannya.

Nasi jamblang berukuran kecil yakni sebesar kepalan tangan orang dewasa. Sebagai lauk pauknya, tersedia beragam macam dimana pembeli bebas untuk memilih. Seperti halnya, ikan asin, paru, sambal goreng ati, semur daging, sate kentang, dan masih banyak lagi

15Empal Gentong dan Empal Asem

Wisata kuliner Cirebon kedua yang wajib untuk dicicipi ialah Empal Gentong dan Empal Asem. Kedua makanan ini sangat lezat bedanya empal asem menggunakan santan, sedangkan empal gentong tidak.

Potongan daging sapi lengkap dengan jeroan-nya disajikan dengan kuah yang menggugah selera. Soal cita rasa dijamin kelezatannya. Lebih nikmat lagi jika disantap bersama krupuk dan sambal hijau.

Maps Cirebon

Nah, Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat Wisata di Cirebon? Kota Udang di Indonesia ini menghadirkan berbagai ragam wisata, baik di siang hari dan malamnya.

Saat matahari masih menampakkan diri, wisatawan akan disuguhkan oleh wisata alam, budaya, serta tradisinya yang khas. Sedangkan ketika petang datang, pengunjung bisa menikmati suasan yang berbeda yang tak kalah mengasyikkan.

LEAVE A REPLY