10 Tempat Wisata di Denpasar Paling Diburu

tempat-wisata-di-denpasar-terbaru
foto: @kafeina_coffee

Tempat Wisata di Denpasar memiliki banyak sekali keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai ibukota provinsi Bali, Denpasar memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya dari masa lalu. Itulah alasan mengapa ada begitu banyak pura, museum, dan istana yang tersebar di seluruh kota Denpasar.

Tidak heran jika Denpasar menjadi tujuan wisata yang sangat populer di Bali. Ya, Denpasar dipenuhi dengan tempat-tempat bersejarah dan religius seperti pura, istana, dan monumen. Ada beberapa peraturan mengenai pakaian ketika wisatawan mengunjungi tempat-tempat religius di Denpasar.

Tempat Wisata di Denpasar Terbaru

Maka dari itu disarankan untuk membawa sarung dan selempang sendiri saat mengunjungi tempat-tempat suci karena sebagian besar pura tidak menyediakan sarung atau selempang untuk disewa. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Denpasar.

1Pura Sakenan

foto: @hemaraphotograph

Destinasi Denpasar yang pertama ada Pura Sakenan. Pura Sakenan adalah tempat wisata di Denpasar Barat atau puranya agama Hindu yang sudah tua. Pura ini berada di sekitar Desa Serangan, sebuah pulau yang merupakan kecamatan Denpasar.

Rencana induk pura membaginya menjadi dua distrik utama, yaitu sayap timur dan barat. Menurut beberapa sumber, nama Sakenan berasal dari kata Sakya, yang berarti “satukan pikiran secara langsung”.

Teks kuno Usana Bali mengatakan bahwa Mpu Kuturan, seorang pemimpin besar Kerajaan Majapahit, membangun pura ini pada abad ke-10. Ia ingin menata kembali aspek sosial dan agama dari orang Bali dengan menggunakan pura.

Ada tiga meter utama bangunan di kompleks pura. Mereka adalah Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. Dinding yang dibangun sepenuhnya di sepanjang pinggiran mereka memisahkan pekarangan ini.

Orang Bali menggunakan pura untuk mengadakan festival Pujawali setiap Kuningan Kliwon Sabtu, menurut kalender Bali yang hanya memiliki 210 hari per tahun, jtanggal biasa jatuh sekitar 10 hari setelah festival Galungan.

Festival berlangsung selama tiga hari, dan klimaks dari peristiwa harus jatuh pada hari Minggu. Ada banyak pertunjukan selama festival seperti tarian ritual tradisional dan prosesi tradisional pada hari acara.

Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi pura adalah selama festival tersebut, karena akan memberi Anda banyak kesempatan memotret momen yang luar biasa. Dan yang perlu diingat adalah kenakan pakaian yang pantas saat mengunjungi pura, terutama selama festival.

2Pura Jagatnatha

Photo by @didikindrawan

Pura ini dibangun pada tahun 1953 untuk menyembah Sanghyang Widi Wasa yang tertinggi. Sanghyang Widi adalah satu-satunya dewa sejati, sesuai dengan kepercayaan lama masyarakat Bali.

Banyak upacara diadakan di tempat ini beberapa tahun yang lalu, dan pura itu tidak terbuka untuk umum. Saat ini Pura Jaganatha  terbuka untuk semua jamaah dan wisatawan tanpa memandang agama.

Pura utama atau pada masanya memiliki bentuk singgasana kosong di atas kura-kura yang dijaga oleh dua naga. Pura Jaganatha sendiri dibangun menggunakan karang putih mutiara, dengan tahta dan kura-kura mewakili langit dan bumi, masing-masing. Ada banyak ukiran di pura ini mengenai cerita Ramayana dan Mahabharata yang populer dan menghiasi dinding pura.

3Puri Agung Denpasar

foto: @ayakmeduri

Puri Agung Denpasar atau Grand Palace Denpasar adalah pusat kekuasaan utama bagi keluarga kerajaan Denpasar di masa lalu.

Istana menandakan kepemilikan yang berbatasan dengan Desa Plase Kuta di selatan, daerah Tukad Mati di barat, Desa Sumerta di timur, dan Desa Lemintang di utara.

Kompleks istana itu sendiri berbatasan dengan Jalan Gunung Semeru di utara, hingga kompleks perbelanjaan Lokitasari. Ada empat istana utama di Badung Area, yaitu: Puri Ukiran Pemecutan, Puri Kaleran, Puri Agung Tegal Jematang, dan Puri Oka. Keempat puri atau istana ini umumnya dikenal sebagai Catur Agung Puri Denpasar oleh penduduk setempat.

Arsitektur istana ini adalah gaya arsitektur khas yang sangat dipengaruhi oleh Kerajaan Majapahit. Bahan untuk atap istana ini terbuat dari zat serat kelapa sawit yang disebut ijuk. Pura ini memiliki panjang dinding setinggi 3,5 meter dan tebaln 50 sentimeter.

Baca Juga >> Tempat Wisata Keluarga dan Anak di Bali Terbaru

4Pasar Badung

foto: @dovibali

Pasar Badung adalah pasar terbesar di Denpasar, pasar ini menggambarkan budaya tradisional Bali dengan sangat sempurna. Oleh karena itu, pasar Badung menjadi daya tarik wisata utama di Bali. Dahuu, pasar Badung adalah pusat ekonomi utama di Pulau Bali dan pusat kegiatan ekonomi dari seluruh pulau di Indonesia.

Pasar Badung terkenal menyediakan beragam produk yang mencerminkan nilai orang Bali. Mulai dari bumbu hingga kerajinan tangan, Anda dapat menemukan setiap barang yang dibutuhkan orang-orang Bali setiap harinya di sini.

Bahkan, banyak penduduk lokal datang ke tempat ini untuk membeli pernak-pernik upacara dan barang-barang, serta kebutuhan sehari-hari mereka juga.

Dengan demikian, pasar Badung sangat cocok untuk wisatawan yang ingin membeli beberapa cinderamata khas Bali atau bahan-bahan untuk membuat masakan tradisional Bali.

Nah, ntuk memastikan kesegaran barang-barang yang dijual dari pasar ini, disarankan untuk berkunjung lebih awal saat pagi hari. Pastikan untuk memakai alas kaki karena jalan di sekitar pasar bisa sangat kotor.

5Pasar Sindhu

Photo by @gusdsidharta

Tempat wisata malam di Denpasar adalah pasar Sindhu. Pasar tradisional ini juga tempat yang direkomendasikan untuk mendapatkan bahan-bahan segar dan barang-barang khas Bali lainnya.

Pasar ini terlihat lebih rapi jika dibandingkan dengan Pasar Badung. Sebagian besar pedagang asongan di sini menjual barang dagangan mereka di warung yang sudah modern, berbeda dengan kios-kios tradisional di Pasar Badung.

Barang yang dijual di Pasar Sindhu juga lebih canggih dan modern. Pengunjung juga dapat mencoba beberapa masakan Bali yang lezat dan menggoda di pasar ini.

Karena target utama pasar ini adalah para wisatawan, terutama turis, maka banyak barang di Pasar Sindhu yang dijual sedikit lebih mahal daripada di pasar tradisional lainnya.

Maka dari itu, seperti biasa, keterampilan tawar-menawar harus Anda asah sebaik mungkin supaya bisa mendapatkan harga terbaik dari para pedagang di sini.

6Museum Umum Provinsi Bali

Tempat wisata bali selain pantai tentunya ada Museum Umum Provinsi Bali atau secara lokal dikenal sebagai Museum Negeri Propinsi Bali. Museum ini adalah tujuan wisata yang jarang dikunjung di Bali.

Padahal museum ini memberikan informasi rinci mengenai sejarah dan budaya masyarakat Bali. Museum umum adalah museum tertua di pulau Bali yang menampung lebih dari 10.000 artefak dan pernak-pernik untuk dipajang. Museum ini dibangun menggunakan gaya arsitektur kerajaan tradisional Bali, yang tentunya terlihat menawan.

Kompleks museum terdiri dari empat paviliun terpisah. Ada paviliun Tabanan di utara yang menampilkan berbagai topeng teater dan kostum tari bersama dengan alat-alat musik. Ada Paviliun pusat yang diberi nama Kabupaten Karangasem yang memiliki berbagai patung dan lukisan.

Kemudian ada beberapa benda seremonial dan pernak-pernik di paviliun tengah. Tempat ini dipenuhi dengan karya buatan tangan yang indah dari berbagai daerah.

Kemudian di Paviliun terakhir yang berada di timur menampilkan berbagai temuan arkeologis seperti keramik, peralatan pertanian, senjata, dan masih banyak lagi.

Baca JUga >> 15 Tempat Wisata di Bali Terbaru Yang Bisa anda Kunjungi

7Museum Lukisan Sidik Jari

foto: @ncungeman99

Selanjutnya ada tempat  wisata unik di Bali bernama museum sidik jari. Benda-benda yang dipamerkan di museum ini agak tidak biasa, atau lebih tepatnya, unik.

Museum ini memiliki galeri lukisan indah yang dilukis oleh pemiliknya bernama I Gusti Ngurah Gede Pemecutan.

Dia adalah cucu dari I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional Bali yang namanya diabadikan dan menjadi satu-satunya bandara di Bali. Apa yang membuat lukisan-lukisan di museum ini terlihat unik dan spektakuler? Ya, lukisan di museum ini tidak dibuat menggunakan kuas, tetapi jari.

Oleh karena itu, tempat wisata di Denpasar selatan ini dinamakan Museum Lukisan Sidik Jari. Metode pelukisannya sangat unik karena mengotori kanvas dengan warna tidak menggunakan benda apa pun kecuali ujung jari.

Dengan menekan dan menggerakkan ujung jari di kanvas, pelukis bisa mencapai bentuk seni yang mengesankan menurut imajinasinya. Ya, museum ini merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi di Denpasar, Bali.

Pemilik museumnya sendiri mengatakan bahwa dia menemukan teknik itu secara kebetulan Suatu hari, ia memutuskan untuk menekan kanvas dengan tangannya sendiri setelah mengalami ketidakpuasan mengenai salah satu lukisannya.

Dengan demikian, ia secara tidak sengaja menemukan metode baru untuk membuat lukisan. Museum Sidik Jari ini sudah menampilkan sekitar 200 lukisan pemilik, di mana 98 di antaranya menggunakan teknik sidik jari.

8Monumen Puputan

foto: @fridasandjaya

Tempat wisata di denpasar yang murah ada monumen Puputan. Monumen Puputan adalah ruang besar di tengah kota Denpasar, sebuah tempat untuk memperingati kepahlawanan masyarakat Bali melawan kolonial Belanda pada tahun 1906.

Kata puputan sendiri mengacu pada istilah Bali untuk tindakan bunuh diri massal. Masyarakat Bali lebih memilih kematian daripada menyerah kepada musuh. Tindakan heroik ini menunjukkan kekuatan dan keberanian orang-orang Bali. =

Di depan tentara Belanda yang lebih unggul, para prajurit, warga, dan keluarga kerajaan dari kerajaan Badung memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka sendiri daripada ditangkap dan dipermalukan.

Maka dari itu, untuk menghormati keberanian mereka, sebuah monumen dibangun di lokasi yang tepat, di mana orang Bali berani ini menemui ajalnya. Saat ini, turis dan penduduk lokal dapat mengunjungi situs ini untuk melihat sejarah rakyat Bali.

9Taman Werdhi Budaya Art Center

foto: griyasari tour

Ida Bagus Tugur, seorang arsitek Bali yang terkenal, merancang kompleks ini pada tahun 1973. Pusat seni ini memiliki amfiteater yang luas untuk menampung lebih dari 6.000 orang.

Taman ini adalah pusat budaya terbesar yang menampilkan kesenian Bali. Festival Kesenian Bali diadakan setiap tahun mulai dari pertengahan Juli. Di festival ini ada banyak sekali pertunjukan, jadi bulan Juli adalah saat yang tepat untuk berkunjung.

Baca Juga >> Oleh Oleh Khas Bali Terbaru Paling Lezat & Murah

10Desa Budaya Kertalangu

foto: @balibalibanget

Ada desa Budaya Kertalungu sebagai tempat wisata di Bali terbaru yang berdiri di tengah sawah dengan luas 80 hektar. Desa budaya ini merupakan lokasi yang sempurna untuk mengamati dan menikmati kebiasaan tradisional masyarakat Bali setempat.

Tanaman hijau yang subur dan sawah yang luas mengelilingi desa ini, menciptakan pemandangan alam yang luar biasa. Pengunjung dapat berpartisipasi dan belajar banyak hal mengenai kesenian tradisional di sini. Termasuk menanam padi di sawah, membuat kerajinan tangan dengan penduduk setempat, mengamati pertunjukan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga >> 14 Tempat Wisata di Depok Terbaru Paling Menarik

Maps wisata Denpasar Bali

Ya, Denpasar adalah surganya wisata bagi siapa saja yang ingin berwisata di Pulau Dewata. Berbagai ragam destinasi wisata sangat menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja, termasuk Anda. Nah, dari 10 tempat wisata di Denpasar ini, manakah yang pertama kali ingin Anda kunjungi?