15 Tempat wisata di Gianyar yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat-Wisata-di-gianyar
Foto : @balizoom

Tempat wisata di Gianyar, Bali menawarkan berbagai panorama yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bali memang surganya dunia agi para wisatawan. Berbagai tempat wisata menghadirkan keindahan yang memanjakan.

Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi selama di Bali. Salah satunya adalah kabupaten Gianyar. Berbagai pilihan tempat wisata di Gianyar menawarkan berbagai keindahan yang sulit untuk dilupakan.

Ada banyak wisata alam yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan tentunya ada yang gratis dan bertarif. Mau tahu apa saja tempat wisata yang ada di Gianyar?

Wisata Gianyar Terbaru

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Gianyar terbaru:

1Bali Theater

Foto : @wiwindda

Bali Theater adalah tempat wisata budaya di mana Anda bisa melihat Teater Tari dan Seni Pertunjukan Bali. Teater Bali adalah teater pertama yang ada di Bali, ruangan ini ymemiliki luas gedung sebesar 460m2 dan dapat menampung hingga 1200 orang. Teater ini dilengkapi dengan teknologi multi-media yang canggih dan suara yang menggelegar serta sistem pencahayaan yang sangat bagus.

Seni pertunjukan yang sering digelar di teater ini adalah tentang Bali Agung -The Legends of Bali Goddess, pertunjukan tari kolosal yang menampilkan lebih dari 180 penari. Lalu ada musisi Bali yang dikombinasikan dengan teater tradisional dan modern, pengaturan orkestra musik, kostum yang bagus dan pencahayaan panggung & produksi suara yang ciamik.

Alur cerita yang disajikan selalu didasarkan pada epik legenda Bali yaitu pangeran Jaya Pangus dengan istri tercintanya, puteri Cina, Kang Chin Wei dan perjumpaannya dengan Putri Danu yang halus.

Produksi ini didukung oleh tim kreatif dari Bali & Australia, Peter Wilson sebagai Direktur Kreatif dan Made Sidia sebagai Perancang Artistik. Pertunjukan diadakan setiap hari pada pukul 02.30 malam hingga 3.30 sore kecuali pada hari Senin.

2Taman Burung Bali

Foto : @tamanburungbali

Ada salah su tempat wisata di Gianyar murah yaitu taman burung. Taman ini dibagi menjadi tujuh wilayah yang menciptakan kembali habitat alami burung-burung di Bali lengkap dengan tanaman-tanamannya.

Anda dapat melakukan perjalanan dari hutan berkabut yang sangat dalam di Sumatra ke Papua untuk menemukan burung-burung asli dari daerah-daerah terpencil di taman ini.

Berwisata ke taman burung ini seakan mengajak Anda menjelajah benua Amerika Selatan seperti Golden Macaw dan Congo Grey Parrot karena koleksi burungnya yang indah.

Baca juga : 11 Tempat Wisata di Cimahi Terbaru Paling Indah dan Menarik

3Pantai Kusamba

Foto : @kdkariawan

Melihat garam yang sedang dibuat di pantai, merupakan wisata budaya yang menarik karena wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan para penambang. Penambangan garam di Kusamba ini dikelola langsung secara tradisonal oleh penduduk sekitar.

Jadi selain bermain-main air di Pantai Kusamba, Anda juga bisa melihat bagaiaman cara pembuatan garam. Pulau Kusamba sendiri terletak di bagian timur Bali, di mana tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.

4Pura Tirta Empul

Foto : @robin_in_bali

Tempat wisata di Gianyar gratis adalah pura Tirta Empul. Pura ini bukan hanya sebagai tempat ibadah umat Hindu saja, tapi juga menyediakan kolam mandi. Selain kolam pemandian, ada juga pekarangan pura yang cukup besar.

Anda bisa berjalan menyusuri pekarangan dan melihat patung-patung kecil dengan payung putih atau kuning di atas patung tersebut.

5Candi Gunung Sari

Foto : @laraslaxmana

Wisata Gianyar yang wajib dikunjungi adalah Candi Gunung! Candi ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Jika Anda membawa kamera Polaroid, ada banyak angle pemandangan di sekitar candi yang sayang untuk dilewatkan. Ya, bisa dikatakan candi Gunung Sari memiliki panorama yang sangat keren.

Anda bisa bersepeda mengelilingi candi ini dari Canggu lalu mengitari tempat yang hijau dan sejuk ini. Di candi Gunung Sari juga terdapat air terjun yang sangat cantik.

6Air terjun Kanto Lampo

Foto : @firdausinnimah

Wisata terbaru di Gianyar ada air terjun Kanto Lampo. Air terjun satu ini mudah sekali untuk dijangkau. Dari tempat parkir akan ada anak tangga yang mengarah ke tempat tujuan wisata, dari tangga menuju air terjun Anda akan berjalan sekitar 100 m. Sesampainya di air terjun, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk.

Lebih dekat ke air terjun ada beberapa rumah penduduk yang dengan senang hati dan ska rela membantu para wisatawan turun ke air. Para penduduk ini selalu bersedia membantu wisatawan yang datang jika kesulitan untuk turun ke air terjun atau wisatawan yang ingin mengambil foto.

Penduduknya pun sangat ramah, namun ada baiknya setelah dibantu, Anda memberi mereka sedikit tips antara Rp10.000 – Rp.50.000 untuk menghargai jasa mereka.

Nah, ketika Anda turun ke air akan ada banyak batu dann Anda perlu berhati-hati. Pusat air terjun agak sulit untuk dicapai, Anda disarankan bisa berada di bawah tekanan langsung air terjun selama beberapa detik saja.

Jadi tidak disarankan untuk anak-anak untuk mencapai puncak air terjun. Jadi keluarga yang datang bersama anak-anak dapat mengambil foto dari sisi air terjun.

Baca juga : 28 Tempat Wisata di Palembang Terbaru Paling Hits dan Murah

7Bali Safari & Marine Park

Foto : @charlyvinke

Wisata alam Gianyar Bali Safari & Marine Park dihuni ratusan hewan yang menakjubkan. Ada banyak fauna yang melebihi 50 spesies seluruh dunia dan ancaman dari spesis yang hampir punah tetap dirawat disini.

Tempat wisata satu ini menggabungkan suasana budaya Bali dengan Afrika Savannah. Bali Safari dan Marine Park meindungi gajah Sumatera, harimau Sumatera, harimau putih, macan tutul, komodo dan cheetah. Binatang-binatan itu adalah beberapa makhluk menarik yang dapat dilihat di Bali Safari and Taman Marine.

Tempat wisata ini didirikan untuk memenuhi misinya sebagai tempat konservasi, pendidikan dan rekreasi. Anda juga bisa berkendara dengan hewan-hewan di tempat wisata ini dengan dibantu oleh pemandu setempat. Bali Safari and Marine Park adalah objek wisata yang memberikan petualangan seru di Bali.

8Pura Penataran Sasih

Foto : @flyttour

Pura Penataran Sasih adalah pura Hindu Bali di desa Pejeng, Gianyar. Pura ini didirikan pada tahun 1266 M. Dahulu pura ini merupakan negara bagian Kerajaan Pejeng. Di halaman dalam, ada gendang perunggu yang dikenal sebagai Bulan Jatuh Pejeng.

Pura ini memiliki pintu masuk yang khas berasal dari abad ke 10 hingga abad ke-12. Jika hendak berkunjung ke tempat ini, tersedia sarung di pintu masuk. Biaya masuk ke Pura ini Sekitar Rp 20.000 per orang.

9Pura Dalem Sidan

Foto : @jc.winbali

Pura Dalem Sidan terletak di samping jalan utama Gianyar Bangli. Di depan pura Dalem Sidan, Anda dapat melihat Bukit Jangkrik dari sidan Stage.

Pura ini masih sangat sepi, sehingga butuh banyak promosi agar banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

10Pura Erjeruk

Foto : @adinatapratama

Pura Erjeruk ini terletak di jalan menuju Pantai Purnama. Pura ini adalah tempat di mana petani di Sukawati, wilayah Gianyar memohon kesuburan dan hasil panen yang bagus untuk tanaman mereka. Banyak petani yang meminta untuk diberikan hasil panen yang banyak dan jauh dari hama.

Bangunan pura ini sangat indah dengan meru tumpang dan ada patung Ratu Brayut dan Dewa Putra yang terbuat dari batu. Pura ini juga merupakan tempat menarik bagi pasangan yang memohon ingin segera dikaruniai anak.

11Campuhan Ridge Walk

Foto : @juliagutmane

Jika Anda ingin berjalan-jalan di sekitar Ubud, Gianyar Anda bisa pergi menuju Campuhan Ridge Walk yang terletak sedikit di luar kota Ubud.

Perjalanan menuju menuju Campuhan Ridge Walk akan membawa Anda melalui bukit-bukit indah yang menghadap ke lembah. Anda akan diajak menyusuri jalan yang berliku-liku di sepanjang punggung bukit .

Baca juga : 26 Tempat Wisata di Manado Terbaru Paling Indah

12Goa Gajah

Foto : @relaxdibali

Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata utama di pulau Bali. Goa ini terletak di Desa Bedulu. Tempat wisata ini merupakan keajaiban arkeologi , tempat yang mengesankan karena terdiri dari kompleks candi yang besar.

Untuk sampai ke gua, Anda harus berjalan menuruni tangga dan kemudian berjalan ke sebuah halaman yang merupakan pintu masuk ke gua. Pintu masuk ini konon berasal dari abad ke-11.

Di dalam gua Anda akan menemukan berbagai lukisan gua serta kuil kecil yang digunakan untuk meditasi. Di luar gua Anda dapat menikmati candi Hindu yang lengkap dengan kolam mandi yang gemerlap dan beberapa air mancur yang memancar.

13Museum Rudana

Foto : @museumrudana

Museum Rudana adalah sebuah musem yang cantik. Museum ini menghadap ke beberapa sawah, sawah ini berwarna hijau zamrud milik seorang politisi Bali bernama Nyoman Rudana dan istrinya. Nyoman Rudana menikah dengan seorang perempuan yang juga seorang pecinta seni bernama Ni Wayan Olasthini.

Museum ini terdiri dari tiga lantai memorabilia yang berhubungan dengan seni. Anda akan menemukan sekitar 400 buah lukisan tradisional serta beberapa benda antik seperti kalender yang dibuat pada tahun 1840-an.

Bukan hanya karya antik dan kuno, di musem Rudana juga terdapat karya seni modern, Anda dapat membeli karya seni khas Bali di tempat ini.

14Puri Saren Palace

Foto : @jeebs_media

Puri Saren Agung juga dikenal sebagai Ubud Royal Palace dan dekat dengan Pasar Seni Ubud sehingga Anda dapat dengan mudah mengunjungi kedua tempat pada saat yang sama. Tempat ini ini terletak di pusat kota dan berasal dari tahun 1800-an ketika dibangun pada masa pemerintahan Ida Tjokorda Putu Kandel.

Keluarga Kerajaan masih tinggal di beberapa bagian istana yang juga digunakan untuk seremonial kerajaan. Tetapi Anda masih bisa berkunjung di sekitar taman dan menikmati arsitektur khas Bali.

Puri Saren juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk datang di malam hari jika Anda ingin mengikuti pertunjukan tari tradisional Bali.

15Pura Taman Saraswati

Foto : @kimk_hash

Pura Taman Saraswati dibangun untuk dewi kebijaksanaan dan seni Hindu yang disebut Dewi Saraswati. Jika berkunjung ke pura ini, Anda akan menemukan ukiran cantik dewi Saraswati di seluruh bangunan serta air mancur yang menyembur dari depan pura dan mengisi kolam yang besar dan jernih.

Kolam ini ditutupi dengan bunga lotus yang subur. Kolam ini merupakan tempat untuk mandi atau minum Dewi Saraswati.

Peta Wisata Gianyar

Destinasi Menarik lainya: 

Nah, dari ke-15 tempat wisata yang ada di Gianyar ini, mulai dari taman, pura sampai air terjun, manakah yang paling menarik untuk dikunjungi?

Ada baiknya, jika tempat wisata di Gianyar, Anda kunjungi semua karena tempatnya sangat indah dan menarik. Selamat berwisata bersama keluarga.

LEAVE A REPLY