12 Tempat Wisata di Gunung Kidul Terbaru yang Wajib Anda Kunjungi

tempat wisata di gunung kidul
foto: @tripindonesia_arthenistravel

Tempat  wisata di Gunung Kidul seperti Pantai Krakal, Timang, Pok Tunggal, dan lain-lain, adalah wisata terbaik yang perlu Anda kunjungi. Selain pantai, adapula beberapa tempat wisata lain seperti air terjun, Goa, dan embung yang bisa dikunjungi.

Yogyakarta memiliki pemandangan alam yang tak tertandingi. Gunung Kidul sebagai salah satu kabupatennya juga menyumbangkan sejumlah kawasan wisata yang membuat nama Yogyakarta menjadi mendunia.

Siapa sangka jika kawasan yang kering ternyata menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa?

Wisata Gunung Kidul Terbaru

Berikut ini adalah 12 tempat wisata di Gunungkidul yang sangat indah dan sayang untuk tidak Anda kunjungi.

1Air Terjun Sri Gethuk

foto: @khairatrans_wisatajogja

Wisata gunung kidul air terjun Sri Gethuk adalah salah satu air terjun terkenal di Jogja yang terletak di desa Bleberan. Sri Gethuk akan menjadi tujuan yang sempurna untuk perjalanan Anda.

Wisata ini menawarkan Anda keindahan dari apa yang disebut sebagai alam.

Air terjun dan tebing menciptakan pemandangan yang begitu alami dan menyegarkan. Curug air terjun di Sri Getuk akan menemani momen santai Anda bersama keluarga.

Anda juga bisa berenang di sungai bawah air terjun. Jika Anda takut tenggelam, Anda bisa menyewa pelampung karena airnya cukup dalam.

Untuk mendekati air terjun ini Anda harus menyewa perahu kecil seharga 10.000 rupiah saja. Perahu kecil ini tidak hanya akan mengantar Anda ke air terjun sja, tetapi juga mengajak Anda untuk berkeliling sungai.

Nah, biaya masuk ke Air Terjun Sri Getuk ini bisa dikatakan sangat  murah, hanya sekitar Rp. 7000 saja dan Anda bisa menikmati segarnya air yang mengalir di Sri Gethuk.

Air terjun dan sungai di Sri Gethuk tidak pernah kering karena memiliki tiga mata air dari Ngandong, Dong poh, dan Ngumbul.

2Pantai Sepanjang

foto: @nitaawulan_

Wisata Gunung kidul Wonosari satu ini terkenal seperti pantai Kuta, Bali. di Jogja? Ya Pantai Sepanjang terletak di Tanjungsari, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Jika Anda pergi ke pantai ini, keuntungan yang Anda dapatkan adalah Anda dapat pergi ke pantai lain yang terletak di dekat Sepanjang seperti, Pantai Kukup, Sanglen, Watu Kodok, dan Drini.

Jarak antar pantai hanya sekitar 1 hingga 8 km saja. Pantai Sepanjang ini menjadi lebih populer karena bernuansa sama dengan pantai Kuta Bali.

Anda dapat menghilangkan stres dengan berjalan di pasir putih dan bermain dengan air sepuasnya.

Nah, yang menjadi keunikan dari pantai Sepanjang adalah masih adanya hewan laut yang mudah ditemukan seperti ikan, alga, bintang laut, kerang, dan bulu babi.

Pantai ini juga memiliki wilayah pantai terpanjang bila dibandingkan dengan pantai lainnya. Jika air surut, Anda bisa melihat karang yang masih terlihat indah.

Akses ke pantai Sepanjang cukup mudah dan lahan parkirnya juga luas. Anda juga tidak perlu membayar biaya masuk, Anda hanya harus membayar retribusi atau TPR di awal sekitar 10.000 rupiah.

3Pantai Ngandong

foto: @qonitakusumanaim

Wisata Gunung Kidul yang tersembunyi keindahannya adalah pantai Ngandong. Pantai ini merupakan salah satu pantai tersembunyi di Gunungkidul.

Meski pantai ini belum terkenal, namun keindahannya tak tertandingi. Pantai Ngandong adalah pantai yang sangat eksotis, terletak di desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul.

Nah, karena letaknya yang tersembunyi, maka rute ke pantai Ngandong ini tidaklah mudah.

Jalanannya agak berbatu, tetapi setelah sampai ke pantai ini, kedamaian dan kesejukan akan menggantikan kelelahan Anda selama perjalanan.

Pantai ini masih terbilang sangat bersih. Pasir putih berpadu dengan pemandangan alam dari tebing-tebing karst dan terumbu karang yang terkadang dapat terlihat jika air sedang surut, merupakan daya tarik utama dari pantai Ngandong.

Di sekitar pantai Ngandong sendiri merupakan kawasan desa nelayan. Beberapa kapal mereka dapat terlihat dan Anda juga bisa menyewa perahu untuk merasakan perjalanan laut layaknya nelayan.

Baca Juga >> 10 Tempat Wisata di Denpasar Paling Diburu

4Pantai Timang

foto: @ezmnrzmn

Wisata Pantai Gunung Kidul terbaru adalah pantai Timang. Pantai ini menjadi populer karena terdapat gondola.

Pantai ini cukup unik karena tidak terkenal dengan pemandangan pantai tetapi karena kisah para nelayan yang harus berjuang untuk menyeberangi terumbu karang menggunakan gondola yang sangat sederhana.

Gondola ini terbuat dari tali kayu dan plastik. Di pantai Timang ini, para nelayan bisa mendapatkan banyak tangkapan ikan, terutama lobster.

Nah, dari tradisi nelayan yang menyeberangi terumbu karang menggunakan gondola inilah, yang kemudian menarik para pengunjung untuk berwisata.

Pengunjung banyak yang berdatangan untuk merasakan bagaimana cara menyeberang dengan gondola.

Tidak perlu khawatir karena jika menyeberang Pulau Timang dilengkapi dengan peralatan keamanan di gondola.

Karena itu harga untuk menyeberangi terumbu karang mencapai Rp. 200.000.

5Pantai Nglambor

foto: @laksanayoga

Jika ditanya, mana tempat terbaik untuk snorkeling di Jogja, orang akan menjawab pantai Nglambor?

Mengapa harus pantai ini? Karena di pantai Ngalmbor merupakan pantai pertama di Jogja yang menawarkan aktivitas snorkeling kepada pengunjung.

Di pantai ini terumbu karang masih sehat dan terlihat terawat dengan baik sehingga snorkeling sangat direkomendasikan untuk Anda.

Hal unik lainnya dari pantai ini adalah bahwa pantai Nglambor diapit oleh dua teluk dan memiliki terumbu karang besar yang melindunginya dari ombak besar.

Di sini Anda dapat berkemah bersama teman dan keluarga. Biaya masuk ke pantai Nglambor cuma 5000 rupiah dan sudah termasuk parkir. Sedangkan untuk peralatan snorkeling Anda harus menyewa sekitar Rp. 50.000.

6Pantai Wohkudu

foto: @ririmut

Wisata Gunung Kidul terbaru adalah pantai Wohkudu. Pantai ini hanya memerlukan perjalanan sekitar dua jam dari Jogja.

Namun, untuk bertemu tempat eksotis ini, Anda harus berjalan selama sekitar 10 menit.

Jalan menuju pantai Wohkudu sering ditutupi semak-semak sehingga Anda bisa merasakan surga tersembunyi di Gunungkidul.

Pantai Wohkudu memiliki kawasan yang bisa dikartakan kecil karena hanya memiliki luas area 20-30 meter.

Di kedua sisi Pantai Wohkudu diapit oleh terumbu karang besar yang semakin menambah kesan tersembunyi dari pantai ini.

Di bawah karang terdapat Goa yang biasa digunakan pengunjung untuk bersembunyi dari paparan sinar matahari.

Baca juga >> 25 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru Paling Menarik

7Pantai Siung

foto: @yudie_chazchuz_

Sama seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul, pantai Siung memiliki hamparan pasir putih yang luas dan dilengkapi dengan biota laut yang masih sehat.

Anda hanya perlu membayar biaya masuk TPR Rp.10.000 dan Anda sudah bisa merasakan pengalaman yang tak terlupakan di pantai Siung.

Anda dapat melihat para nelayan yang pergi ke laut dan pulang dengan membawa ikan. Ikan segar ini dapat Anda beli di pasar dekat pantai, atau memakannya di beberapa restoran yang ada di sekitar pantai.

Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli ikan langsung dari nelayan.

Seperti di pantai lain, Anda bisa berkemah dan bermalam atau juga mencoba memanjat tebing yang ada di sekitar pantai.

8Goa Jomblang

foto: @jordhammond

wisata Goa Jomblang adalah goa yang paling populer di Jogjakarta. Goa ini merupakan Goa tipe vertikal. Popularitas Goa Jomblang semakin terkenal karena digunakan untuk pemotretan.

Lalu apa yang membuat tempat wisata ini terkenal selain keindahan panoramanya di dalam Goa?

Ya, ada hutan di sekitarnya dan banyak jenis vegetasi terjaga dengan baik di goa ini. Untuk masuk ke Jomblang, Anda perlu melakukan rapelling.

Tingginya sekitar 80 m, tetapi jika Anda tidak ahli dalam petualangan semacam itu, Anda bisa berjalan di bawah Goa terlebih dahulu dan kemudian memanjat dengan tinggi goa sekitar 50 m.

Di dalam Goa Jomblang, Anda dapat melihat apa yang orang sebut sebagai cahaya Surga. Cahaya itu adalah adalah cahaya matahari yang masuk ke goa Jomblang melalui lubang.

Untuk melihat cahaya tersebut, maka Anda perlu datang ke Goa Jomblang sebelum jam 10 pagi dan membayar Rp. 450.000 rupiah untuk bisa turun ke goa.

9Goa Pindul

foto: @goapindul.official

Untuk melihat keindahan Gunungkidul bisa juga dengan turun ke Goa berair seperti di Goa Pindul. Perjalanan yang akan ditempuh menuju Goa Pindul cukup jauh karena dari mulut Goa sudah tertutup air.

Untuk cave tubing ke Goa, Anda harus menggunakan ban dan jaket pelampung sebagai pengaman. Sementara di dalam Goa disarankan agar Anda mengikuti semua panduan untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan.

Anda akan diajak menyusuri sungai selama 40 hingga 60 menit perjalanan. Dari perjalanan itu Anda akan melewati keindahan Goa Pindul yang sangat indah. Pemandunya juga angat menyenangkan dan sangat ramah.

Baca Juga >> 18 Tempat Wisata di Magelang Terbaru yang Menarik dan Menantang

10Goa Kalisuci

foto: @gudut_setiabudi

Wisata Goa Kalisuci terletak di desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Goa ini bisa menjadi alternatif wisata lainnya selain Goa Pindul.

Goa Kalisuci sebenarnya adalah Goa pertama di Indonesia. Tetapi karena pada waktu itu cave tubing bukan kegiatan yang populer. Sehingga Kalisuci tidak terkenal, hingga akhirnya Pindul membuka cave tubing sebagai bagian dari paket wisatanya.

Nah, yang menarik dari Goa Kalisuci adalah aliran sungainya yang lebih besar daripada di Pindul. Sehingga cave tubing di tempat ini menjadi lebih menantang.

Air di Kalisuci juga tidak pernah kering dan selalu lebih deras saat musim hujan.

Anda akan menikmati perjalanan 1 sampai 2 jam untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat di sekitar Goa Suci.

Seperti Luweng Senglat, Luweng Geleng, Goa Mburi Omah. Nah, untuk biaya masuknya adalah Rp.70.000.

11Gunung Api Nglanggeran

foto: @3rwiin99

Ingin melihat gunung api kuno di Jogja? Datang saja di wisata Gunung Api Nglanggeran. Gunung Api Nglanggeran adalah daerah gunung berapi kuno, yang terletak di desa Nglanggeran.

Gunung Api Nglanggeran juga memiliki nama lain yaitu Gunung Api Purba. Anda bisa hiking di tempat ini untuk bisa melihat keindahan Jogja dari puncak Gunung Api Nglanggeran. Untuk biaya masuk ke tempat ini sangatlah murah, yaitu hanya 7000 rupiah.

Dengan biaya semurah itu, Anda sudah bisa hiking, dan mendapat sasilitas seperti tangga kayu yang telah dibuat untuk memudahkan pendakian. Berkemah bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan jika ingin mendaki gunung ini.

12Bukit Bintang

foto: @gregorius.aditya.pn

Tujuan unik lainnya di Gunungkidul adalah Bukit Bintang. Di Bukit Bintang ini Anda dapat nongkrong sambil melihat lanskap bintang yang tersebar.

Tempat wisata ini dinamakan Bukit Bintang karena di bukit ini Anda dapat melihat lampu-lampu kota di bawah kaki Anda yang berkilau dan berkelap-kelip seperti bintang.

Di tempat ini Anda bisa makan malam bersama keluarga atau orang yang Anda cintai. Jika tak ingin makan, Anda bisa sekedar nongkrong saja sambil menikmati jagung bakar.

Udara di tempat ini sangat segar dan akses menuju Bukit Bintang sangat mudah karena terletak di jalur utama jalan Yogyakarta-Wonosari.

Maps Wisata Gunungkidul

Wisata sekitar Gunung Kidul:

Ya, Gunungkidul memang tempat wisata yang menampilkan banyak destinasi. Mulai  dari pantai, goa, air terjun dan masih banyak lagi. Dari 12 pilihan tempat wisata di Gunungkidul di atas, manakah yang menarik bagi Anda untuk kunjungi?